Media Gathering SKK Migas-KKKS-FJM Jambi 2022: Menikmati Keindahan Pulau Pahawang di Lampung

Berwisata sambil belajar 'lifelong education' ala FJM Jambi. Foto: dok. SKK Migas
Berwisata sambil belajar 'lifelong education' ala FJM Jambi. Foto: dok. SKK Migas

LAMPUNG, AksesNews – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Sumbagsel-Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Provinsi Jambi, menggelar Media Gathering Forum Jurnalis Migas (FJM) Jambi tahun 2022.

Setelah 2 tahun selama pandemi Covid-19, baru pada tahun 2022 ini FJM Jambi kembali menggelar Media Gathering. Kali ini Media Gathering SKK Migas Sumbagsel-KKKS Jambi berlangsung di Provinsi Lampung selama 4 hari, dari tanggal 23-26 Agustus 2022.

Pembukaan digelar di Hotel Golden Tulip, Bandar Lampung, Rabu (24/08/2022), yang dibuka secara resmi oleh Anggono Mahendrawan selaku Kepala SKK Migas Sumbagsel dan dihadiri oleh sejumlah perwakilan KKKS dan para peserta Media Gathering sebanyak 55 anggota FJM Jambi.

Anggono berharap jalinan silaturahmi antara SKK Migas Sumbagsel-KKKS di Jambi bersama insan pers terus terjalin erat. Menurutnya, SKK Migas butuh sinergitas yang baik dengan media dalam menyampaikan pemahaman kepada masyarakat terkait kontribusi SKK Migas untuk negeri.

“Saya harap rekan-rekan media dapat memberikan informasi kepada masyarakat akan kontribusi bisnis hulu migas. Terima kasih atas kesediaannya mengikuti acara gathering ini. Mudah-mudahan silaturahmi ini terus terjalin dengan baik,” harap Anggono via daring.

Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel, Andi Arie Pangeran. Foto: dok. SKK Migas

Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagsel, Andi Arie Pangeran mengatakan selain ajang pererat silaturahmi, besar harapannya para jurnalis mendapat pengetahuan lebih terkait seluk beluk bisnis hulu migas.

“Semoga kita semua kembali dari sini tidak kurang sesuatu apapun, sehat dan berkumpul dengan keluarga masing-masing. Selamat menikmati Media Gathering tahun 2022,” kata pria yang akrab disapa Aap ini singkat.

Sementara itu, Ketua FJM Jambi, Mursyid Songsang mengucapkan terima kasih kepada SKK Migas Sumbagsel-KKKS di Provinsi Jambi yang telah mengakomodir perhelatan Media Gathering ini.

Ketua FJM Jambi, Mursyid Songsang. Foto: dok. SKK Migas

Mantan Ketua PWI provinsi Jambi 2 periode ini juga menegaskan kepada rekan-rekan jurnalis yang tergabung dalam anggota FJM Jambi, untuk tak ragu memberitakan apapun tentang bisnis hulu migas di Jambi, baik positif maupun negatif.

“Mengkritik tak pernah dilarang, tapi satu (harus) verifikasi dan konfirmasi. Saya harapkan (dengan acara ini tercipta) sinergitas yang bertanggungjawab. Minimal kita tahu ilmu tentang bisnis hulu migas,” kata salah satu Pendiri Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) ini mantap.

Para peserta Media Gathering selanjutnya mendapatkan pemahaman terkait bisnis media berbasis teknologi yang dipaparkan Agus Sulistriyono selaku CEO Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) dan Promedia dengan tema “Kemandirian Ekonomi Media Online Arus Utama (Sustainability Media).

CEO Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) dan Promedia, Agus Sulistriyono. Foto: dok. SKK Migas

Pada hari berikutnya, para peserta Media Gathering FJM Jambi menuju ke Pulau Pahawang Lampung, Kamis (25/08/2022) pagi. Di situ, puluhan jurnalis disuguhkan pemandangan indah Pulau Pahawang dengan menggunakan perahu motor menyeberangi lautan.

Udara sejuk pagi hari menambah semangat peserta Media Gathering FJM Jambi 2022. Sesampainya di Pulau Pahawang, para peserta mengikuti beragam permainan yang dipandu Event Organization (EO) R Production.

Pada kesempatan tersebut, Ketua FJM Jambi, Mursyid Songsang menyebutkan bahwa para peserta Media Gathering tak hanya jalan-jalan, tapi juga belajar yang bahasanya ‘lifelong education’ berarti pembelajaran sepanjang hayat.

Saat penutupan, juara Media Kompetisi FJM Sumbagsel tahun 2022 diumumkan. Juara pertama diraih oleh Riki Ahmad dari media kilasjambi.com dengan judul berita “Pers Berkualitas dan Kontribusi Industri Hulu Migas Dongkrak Perekonomian Rakyat”

Untuk juara kedua dimenangkan oleh Rolanda Hasibuan dari media sinarjambi.com dengan judul berita “Efek Berganda Pemberdayaan Masyarakat Bisnis Hulu Migas di Jambi Menembus Jeruji Besi Hingga Ke Negara Aljazair”

Terakhir, untuk juara ketiga atas nama Ramadhani dari media gerak12.com dengan judul berita “Jurnalis Kompeten Hadapi Satu Juta Barel”. Masing-masing mendapatkan uang tunai sebesar Rp 10 juta untuk juara I, Rp 8 juta juara II dan Rp 6 juta untuk juara III. (Bjs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here