Beranda Akses PWI Provinsi Jambi Serahkan Setifikat UKW dan KTA dari Dewan Pers

PWI Provinsi Jambi Serahkan Setifikat UKW dan KTA dari Dewan Pers

JAMBI, AksesNews – Secara Simbolis, Ketua Panitia Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan Ke V Tahun 2018 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi, Renold Isra Putra didampingi Sekretaris PWI Provinsi Jambi Hery FR dan Wakil Sekretaris II, Arman menyerahkan Kartu Tanda Anggota (KTA) dan Sertifikat UKW ke-V Tahun 2018 kepada peserta UKW yang lulus.

Penyerahan ini diberikan kepada peserta yang lulus UKW tingkat Utama, Madya dan Muda. Kegiatan ini berlangsung di Sekretariat PWI Provinsi Jambi Jalan Jakarta Ujung Kota Baru, Kota Jambi, Rabu (29/05/2019).

Selain peserta dari Wartawan,
Penyerahan secara simbolis Kartu dan Sertifikat UKW Angkatan Ke V Tahun 2018 itu juga di berikan kepada Staff Humas Petro China Jabung yang juga ikut UKW. Hal ini beri langsung kepada Staff Comdev PetroChina Jabung, Resmanudin dan Comdev Supervisor PetroChina Jabung, Lasno yang mewakili Staff Humasnya sekaligus menghadiri kegiatan tersebut.

Menurut Renold Isra Putra jumlah Kartu dan Sertifikat UKW Angkatan Ke V PWI Provinsi Jambi Tahun 2018 yang dikeluarkan Dewan Pers yakni 33 orang yang terdiri dari 11 orang tingkat UKW Utama, 7 orang tingkat UKW Madya dan 15 orang tingkat UKW Muda.

Sementara itu, menurut Resmanudin, pihaknya akan terus berkomitmen mendukung peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) para jurnalis di Provinsi Jambi lewat kerjasama lembaga profesi pers yang diakui Dewan Pers. Peningkatan SDM Jurnalis juga sebagai tanggungjawab moral perusahaan.

Selain itu, Sekretaris PWI Provinsi Jambi Hery FR mengatakan, secara sederhana bisa disebutkan, tujuan UKW adalah agar seluruh wartawan Indonesia memiliki kompetensi, yang bisa diketahui dengan melakukan pengukuran atau ujian.

“Walaupun yang dilakukan saat ini adalah kompetensi minimal, karena ada media yang membuat tuntutan lebih tinggi bagi wartawannya. Tentu diharapkan semua wartawan kelak akan kompeten, ditunjukkan dengan memiliki sertifikat, seperti juga profesi lain, seperti advokat, dokter, dan sebagainya,” kata Hery FR.

“Ini juga berguna untuk membedakan antara mereka yang sungguh-sungguh berprofesi wartawan, dengan yang hanya berpura-pura menjadi wartawan, padahal tujuannya adalah untuk mendapat keuntungan khususnya finansial selain previlese,” tambahnya.

Diketahui sebelumnya, pada saat penutupan UKW Angkatan ke V PWI Provinsi Jambi tahun 2018 yang di selenggarakan pada 9-10 November 2018 lalu,Direktur UKW PWI Pusat, Rajab Ritonga mewakili tim penguji mengumumkan sebanyak 33 orang peserta lulus dari 42 peserta.

Peserta yang tidak lulus sebanyak 9 peserta berasal dari peserta yang ikut UKW tingkat Madya dan Muda. Ketidak lulusan peserta ini di karenakan beberapa faktor.

Menurut Dr Rajab Ritonga MSi, untuk peserta yang belum lulus bisa mengikuti UKW berikutnya. Peserta yang lulus UKW diharapkan untuk lebih baik lagi dan lebih professional dalam menjalankan profesi Jurnalis di media masing-masing.

Sementara Komisi Kompetensi Wartawan PWI Pusat Kamsul Hasan dalam sambutan penutupan UKW PWI Provinsi Jambi Angkatan Ke V, Sabtu (10/11/2018) mengatakan, untuk UKW tahun 2019 dan seterusnya akan ada penambahen materi pengujian yakni pemahaman soal Hukum IT, UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik dan juga Undang-Undang yang erat kaitannya soal pemberitaan.

Kamsul Hasan yang juga tim penguji UKW tingkat Muda ini menambahkan, 33 peserta UKW Angkatan Ke V Tahun 2018 yang dinyatakan kompeten harus lebih mengasah diri lagi dan mengaplikasikan UKW tersebut dalam profesi di media masing-masing. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi