Beranda Akses HBA Singgung Kelanjutan Rencana Pembangunan Rel Kereta Api di Jambi

HBA Singgung Kelanjutan Rencana Pembangunan Rel Kereta Api di Jambi

JAKARTA, AksesNews – Pemerintah pusat pernah akan membangun rel kereta api di Provinsi Jambi, yang rencananya terkoneksi dengan sejumlah provinsi di Pulau Sumatera, di antaranya Sumatera Barat dan Selatan.

Anggota DPR RI asal Jambi, Hasan Basri Agus (HBA), mengungkit kembali masalah tersebut pada Rapat Kerja Komisi V dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Raker kebetulan dihadiri oleh Dirjen Perkeretaapian, Zulfikri yang dilaksanakan di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (28/01/2021) kemarin.

Pada kesempatan tersebut, HBA meminta kepada Zulfikri menjelaskan kelanjutan rencana pembangunan rel kereta api di Jambi.

Mantan Gubernur Jambi itu menyebutkan, rel kereta api di Provinsi Sumatera Barat sudah sampai ke Sawahlunto, Sijunjung, Sumatera Barat. Provinsi Lampung juga sudah ada. Sementara di Sumatera Selatan sudah sampai ke Kota Lubuklinggau.

Sejumlah Usulan HBA soal Jambi kepada Kementrian Perhubungan

Menurut HBA, jalur kereta api itu tinggal menyambung ke Jambi. Jalurnya melewati Kabupaten Sarolangun, Merangin, Bungo dan Dhamasraya, Sumatera Barat. Jaraknya daerah-daerah itu, kata HBA sangat berdekatan.

Selain itu, HBA juga menegaskan, pembangunan rel kereta api di Jambi harus terlaksana. Khusus ke Kota Jambi, sudah ada rencana pengembangan jalur dari lintas tengah Sumatera.

“Memang dari awal dulu sudah ada rencana itu, termasuk pembangunan jalan tol dari barat ke timur Provinsi Jambi,” jelas HBA.

Dirinya berterima kasih kepada Kemenhub, khususnya Dirjen Perhubungan Darat, Budi Setyadi. Belum lama ini Kemenhub memberi bantuan bus sekolah, untuk pondok pesantren di Jambi, jumlahnya dua unit.

Ponpes Al Baqiyatush Shalihat Kuala Tungkal Terima Bantuan Bus Sekolah

“Bus itu sudah kami terima dengan baik dan diserahkan ke pondok pesantren,” kata HBA.

HBA berharap Kemenhub menambah lagi armada bus sekolah, untuk dimanfaatkan para santri pesantren di Jambi.

“Untuk ke depan kalau bisa ditambah armadanya. Bus itu dibutuhkan sekali bagi pesantren. Manfaatnya sangat luar biasa,” kata alumni Pondok Pesantren As’ad, Seberang Kota Jambi ini. (Rls/*)

DRadio 104,3 FM Jambi