Beranda Advertorial Peringatan Hari Ibu, Al Haris: Momentum Dorong Kesetaraan Gender

Peringatan Hari Ibu, Al Haris: Momentum Dorong Kesetaraan Gender

JAMBI, AksesNews – Gubernur Jambi, Al Haris, mengemukakan, peringatan Hari Ibu ini merupakan sebuah momentum untuk mendorong kesetaraan gender di Indoensia, khususnya Provinsi Jambi. 

Hal ini dikemukakan Al Haris pada puncak Peringatan Hari Ibu ke 93 Tahun 2021 Tingkat Provinsi Jambi, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (28/12/2021).

Peringatan Hari Ibu ke 93 ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani, Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hesnidar Haris, dan Ketua BKOW Provinsi Jambi, Komariah Sani.

“Pada kesempatan baik ini, perkenankan saya atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Jambi mengucapkan selamat Hari Ibu kepada para ibu, para perempuan hebat di seluruh Indonesia, khususnya di Provinsi Jambi,” ucapnya.

Terima kasih dan penghormatan sebesar-besarnya dihaturkan kepada para ibu, para perempuan atas semua dedikasi, pengorbanan dan perjuangannya demi anak-anak dan keluarga, serta baktinya menjaga masa depan bangsa.

Al Haris juga menyatakan, selaku Pimpinan Daerah juga mengapresiasi semua pihak yang telah menyelenggarakan Peringatan Hari Ibu ke-93 ini. 

“Peringatan ini hendaknya menjadi momentum bagi kita semua untuk terus mendorong para ibu, perempuan Indonesia menjadi perempuan yang berdaya dalam setiap perannya dan agar kesetaraan gender dalam setiap aspek kehidupan dapat terwujud,” kata Al Haris.

Al Haris menjelaskan, peringatan Hari Ibu di Indonesia memiliki makna yang berbeda dengan Hari Ibu di negara lain, karena peringatan Hari Ibu bukan hanya sebagai bentuk apresiasi terhadap sosok ibu sebagai perempuan hebat dalam keluarganya, tetapi peringatan Hari Ibu ini identik dengan tonggak pergerakan perempuan Indonesia dalam berkontribusi aktif memajukan bangsa. 

Kongres Perempuan I yang diadakan pada tanggal 22 s/d 25 Desember 1928 yang kemudian diperingati sebagai Hari Ibu menunjukkan keberhasilan kaum perempuan untuk berdiri bersama dengan kaum laki-laki memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Al Haris mengharapkan semangat untuk berdiri bersama laki-laki pada masa itu menjadi inspirasi dalam mewujudkan pembangunan yang berkesetaraan gender.

Lebih lanjut, Al Haris juga menuturkan pentingnya peranan para ibu pada masa pandemi Covid-19 saat ini, untuk membantu Pemerintah Provinsi Jambi dalam upaya penanggulangan dan pencegahan Covid-19 di Provinsi Jambi.

Ketua TP PKK Provinsi Jambi, Hesnidar Haris (Hesti) mengatakan ibu memiliki peran penting dalam setiap ranah sosial kehidupan baik pada lingkungan keluarga, sosial masyarakat, dan berbangsa bernegara. 

Jadi, tidak berlebihan jika ibu merupakan tiang negara, yang sangat menentukan tegaknya negara, dalam artian bahwa kualitas dan peran ibu berkorelasi besar terhadap kemajuan suatu bangsa. 

“Pembangunan bangsa berarti juga pembangunan dan peningkatan kualitas manusianya, dimana sebagian dari kualitas manusia itu dapat diperoleh dari sekolah-sekolah dan lembaga-lembaga pendidikan lainnya,” kata Hesti.

Namun, landasan mendasar pendidikan kualitas manusia dimulai dari keluarga yang menjadi penentu pembentukan watak keluarga adalah ibu yang dimulai dari masa kehamilan hingga tumbuh kembangnya, ibu secara langsung maupun tidak langsung menanamkan dasar watak manusia-manusia baru ini.

“Pentingnya kualitas kaum ibu sangat menentukan kualitas anak-anak bangsa, pemilik masa depan bangsa, sehingga untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, kita perlu meningkatkan kualitas kaum ibu, kualitas diri kita para perempuan yang akan membentuk watak manusia Indonesia,” tutupnya. (Kmf/*)

DRadio 104,3 FM Jambi