Beranda Akses Janji Jokowi untuk SAD Belum Terealisasi, Pemprov Jambi Cari Solusi

Janji Jokowi untuk SAD Belum Terealisasi, Pemprov Jambi Cari Solusi

Presiden Jokowi saat mengunjungi Suku Anak Dalam di Kabupaten Sarolangun.
Presiden Jokowi saat mengunjungi Suku Anak Dalam di Kabupaten Sarolangun.

JAMBI, AksesJambi.com – Rapat Forum Bupati di Provinsi Jambi terkait pengakuan hak dan perlindungan hak masyarakat adat merupakan tindaklanjut dari kunjungan Presiden pada Suku Anak Dalam (SAD) di Kabupaten Sarolangun.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, M. Dianto mengatakan, pada saat kunjungan tersebut, Presiden Joko Widodo menjanjikan akan memberikan satu kawasan yang layak bagi SAD di Kecematan Air Hitam, Kabupaten Sarolangun, Selasa (28/08/2018.

“Nantinya, Presiden Jokowi akan mengecek kembali Daerah-Daerah yang pernah dijanjikanya dulu pada SAD terutama yang terletak di Bukit Dua Belas,” kata Sekda usai mengikuti rapat.

Namun hingga saat ini, sepenuhnya belum terealisasi dengan kendala terkait lahan untuk membuat pemukiman SAD dan keseluruhan bagi masyarakat hukum adat terutama komunitas adat terpencil di Provinsi Jambi.

“Kita (Pemerintah Provinsi bekerjasama dengan pihak terkait) akan mencari solusi dan jalan keluarnya supaya bisa mensehejatrakan SAD dan mempunyai pemukiman yang layak serta mempunyai identitas,” pungkasnya. (Syahrul)

DRadio 104,3 FM Jambi