Beranda Akses Akun Palsu Foto Gubernur Jambi Digunakan Menipu

Akun Palsu Foto Gubernur Jambi Digunakan Menipu

JAMBI, AksesNews – Kepala Biro Humas dan Protokoler Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, Johansyah meminta masyarakat untuk berhati-hati terkait beredarnya akun Facebook (FB) yang menggunakan foto Gubernur Jambi.

“Akun FB atas Fachrori Umar dipastikan palsu, masyarakat jangan mudah percaya terhadap akun yang mengatasnamakan Gubernur Jambi. Apalagi ada yang meminta bantuan baik itu transfer uang, maupun pulsa,” kata Johansyah, Minggu (28/07/2019).

Akun FB yang menggunakan foto dan nama Fachrori Umar tersebut, mencoba meminta pertemanan dengan beberapa pengguna FB lainnya. Pihak yang tak bertanggung jawab tersebut juga meminta uang untuk acara penggalangan dana kegiatan bakti sosial.

Dalam melancarkan aksinya, akun palsu Gubernur Jambi terlebih dahulu berbasa-basi menanyakan calon korbannya. Kemudian, barulah ia meminta bantuan. “Mohon partisipasinya. Berikan bantuan semampunya, Bank BCA 7401558954 atas nama Nurbiah,” tulis pesan pribadi akun tersebut.

Untuk diketahui, foto sampul FB akun tersebut, terdapat Fachrori Umar dan istrinya Rahima serta Gubernur Jambi sebelumnya, Zumi Zola dan istrinya Shearin Tharia Zola, serta terdapat tulisan “Jambi Tuntas 2021”.

“Ini murni penipuan. Kepada pengguna Facebook, ada oknum yang tak bertanggung jawab membuat akun mengatasnamakan Gubernur Jambi Fachrori Umar. Itu bukanlah beliau, mohon maaf ketidaknyamanannya. Terima kasih,” kata Johansyah.

Untuk diketahui juga, Pemerintah Provinsi Jambi sudah mempersiapkan akun resmi untuk mempublikasikan kegiatan-kegiatan Gubernur Jambi di media sosial, mulai dari laman facebook Humas Provinsi Jambi dan Instagram @humasprotokoljambi.

Saat ini, Pemprov Jambi sedang mendalami siapa pihak tak bertanggungjawab di balik pembuatan akun palsu FB mengatasnamakan Gubernur Jambi. Untuk penyelesaian masalah tersebut, Pemprov Jambi akan menempuh proses hukum.

“Sudah kita sampaikan ke Humas Polda Jambi. Rencananya Senin akan dilaporkan. Untuk itu kita meminta sekaligus mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dengan media sosial mengatasnamakan gubernur,” pungkasnya. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi