Beranda Akses Bakhtiar Jawab Pandangan Fraksi-fraksi DPRD Batanghari terhadap Nota Pengantar LKPD 2023

Bakhtiar Jawab Pandangan Fraksi-fraksi DPRD Batanghari terhadap Nota Pengantar LKPD 2023

BATANGHARI, AksesJambi.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batanghari berikan jawaban dan penjelasan atas pemandangan umum yang telah disampaikan oleh 9 Fraksi DPRD Kabupaten Batanghari terhadap Nota Pengantar LKPD Kabupaten Batanghari Tahun Anggaran 2023, pada Sidang Paripurna tanggal 27 Mei 2023.

Adapun jawaban pada pandangn umum Fraksi yang pertama dijawab oleh Pemkab Batanghari melalui Wakil Bupati (Wabup) Batanghari, Bakhtiar yakni Pemandangan Umum dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN).

Pada pidatonya, Wabup Bakhtiar menyampaikan bahwa, Pemkab Batanghari sangat sepakat dengan pandangan Fraksi PAN terkait dengan capaian target PAD yang belum mencapai 100 persen.

“Melalui momentum Perda PDRD yang baru kita berupaya menjadikan momentum perbaikan pada aspek tata kelola dan terutama mengoptimalkan Potensi yang sangat besar kita miliki. Untuk momentum peningkatan PAD terutama sektor Pajak Daerah tentu membutuhkan kesadaran tinggi dan peran aktif kita semua bersama masyarakat pelaku usaha di wilayah Kabupaten Batang Hari,” kata Wabup Bakhtiar pada Rapat Paripurna Jawaban atas pemandangan Fraksi, Selasa (28/05/2024) di Gedung DPRD.

Wabup Bakhtiar melanjutkan, terkait Tunda Bayar Kegiatan 2023 salah satu dampak dari tidak tercapainya target PAD 100 persen, selain itu juga adanya keterlambatan transfer Pemerintan Pusat.

“Untuk kewajiban tunda bayar ini, dibebankan pada anggaran yang penyaluran Tansfer Tahun Anggaran 2023 di Tahun Anggaran 2024 dalam bentuk Treasury Deposit Facility (TDF) lebih kurang sebesar empat puluh dua milyar rupiah, ditambah dengan efisiensi Belanja Barang dan Jasa Tahun Anggaran 2024,” ujarnya.

“Skema pemenuhan kewajiban tunda bayar atau kewajiban jangka pendek Tahun Anggaran 2024 ini juga telah kami paparkan kepada BPK RI,” pungkasnya.

Sementara itu, terkait Pemandangan atas Fraksi Partai Demokrat atas Penyampaian Nota Pengantar LKPD, Wabup Bakhtiar menjelaskan jika Pemerintah Daerah akan selalu berupaya maksimal dalam pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Batanghari.

“Kami atas nama Pemkab Batanghari mengucapkan terima kasih kepada Fraksi Partai Nasdem atas dukungannya terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Batanghari Tahun Anggaran 2023. Pemerintah daerah akan selalu berupaya maksimal dalam pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Batanggari,” tuturnya.

Selanjutnya, hal yang sama juga disampaikan kepada Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) atas dukungannya terhadap nota pengantar Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Batanghari Tahun Anggaran 2023. Dimana Wabup Bakhtiar mengungkapkan jika Pemerintah daerah akan selalu berpedoman dan berkomitmen kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam pengelolaan keuangan daerah.

“Dan kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa yang telah ikut mendorong terwujudnya destinasi-destinasi wisata di Kabupaten Batanghari,” paparnya. (Ag/*)