Beranda Akses Tidak Diberi THR, Laporkan ke Posko Pengaduan

Tidak Diberi THR, Laporkan ke Posko Pengaduan

JAMBI, AksesNews – Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM Kota Jambi telah membuka posko pengaduan perihal Tunjangan Hari Raya (THR).

Para pegawai swasta di Kota Jambi, yang tidak dapat tunjangan untuk hari raya idul fitri, walaupun sudah berhak, bisa membuat pengaduan di posko tersebut.

Kabid Hubungan Industrial Persyaratan Kerja dan Pengawasan Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM Kota Jambi, Ramayanti, mengatakan posko tersebut rutin dibuka setiap tahun menjelang hari raya Idul Fitri.

“Saat ini kami memiliki posko THR dan kami siap menerima aduan. Ini juga menjadi aktivitas kami biasanya menjelang hari raya, yakni menerima aduan,” katanya, Rabu (28/04/2021).

Ia pun mengatakan, bahwa para pegawai swasta dapat membuat pengaduan terkait THR untuk ditindaklanjuti. Dialog antara pegawai dan perusahaan juga akan difasilitasi.

Pengaduan terkait THR, kata Ramayanti, belum menggunakan sistem jarak jauh atau lewat telepon. “Karena memang menurut kami lebih efektif pelapor itu datang langsung ke kantor kami,” katanya.

Supaya perusahaan swasta di Kota Jambi dapat memenuhi hak pekerja berupa THR, Dinas Tenaga Kerja Koperasi dan UMKM Kota Jambi sudah menyebarkan surat edaran.

“Beberapa juga kami meminta untuk mengambil sendiri surat edarannya di kantor. Memang beberapa belum mengambil surat ini,” paparnya.

Namun, pihaknya hanya sebatas mengawasi perihal penyaluran THR dari perusahaan. Sedangkan pemberian sanksi kepada perusahaan, merupakan kewenangan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jambi.

“Jelas, dari peraturan yang ada, THR harus dibayarkan seminggu sebelum hari raya. Kalau kami, lebih ke pengawasan. Untuk penindakan berupa sanksi nanti ke provinsi,” kata Ramayanti.

Saat ini, posko pengaduan tersebut belum menerima aduan tentang perusahaan yang tidak memenuhi kewajiban THR. Menurut Ramayanti, pengaduan prihal THR mulai ada satu minggu sebelum hari raya idul fitri. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi