Beranda Akses Membangun Jiwa Entrepreneur Mahasiswa di Era Industri 4.0

Membangun Jiwa Entrepreneur Mahasiswa di Era Industri 4.0

JAMBI, AksesNews – Himpunan Mahasiswa Manajemen (Himem) Universitas Batanghari menggelar acara National Enterpreneur Training (NET) dan Himpunan Mahasiswa Manajemen Indonesia (HMMI) Expo dengan tema “Membangun Peradaban Wirausaha Muda Dalam Rangka Meningkatkan Ekonomi Indonesia di Era Industri 4.0”, yang diselenggarakan di Aula Abdurrahman Sayoeti Universitas Batanghari, Rabu (27/03/2019) kemarin.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III Unbari Sugihartono memgatakan bahwa era industri 4.0 tidak bisa kita abaikan dan tidak bisa kita pungkiri karena era industri 4.0 sudah ada di genggaman kita, artinya Handphone merupakan suatu industri 4.0 semua ada disini semua bisa berkomunikasi semua bisa beraktivitas dengan melalui Handphone ini.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ekonomi Arna Suryani mengapresiasi kegiatan ini, karena sesuai dengan arah dan kebijakan fakultas ekonomi, dimana fakultas ekonomi itu harus bisa menghasilkan lulusan yang berjiwa entrepreneur.

Selanjutnya, mahasiswa yang luluskan ini tidak hanya nanti selesai mencari kerjaan, tetapi bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Sebagai mahasiswa yang memiliki jiwa entrepreneur harus memiliki sifat berani, kreatif, inovatif, harus tahan banting, tahan terhadap tantangan dan mampu menangkap peluang-peluang yang ada.

“Fakultas ekonomi juga merubah menset kami dimana yang selama ini kami menghasilkan lulusan itu sebagai konsumen, tapi sekarang kami harus berubah lulusan ini menjadi produsen, artinya kami harus bisa menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa entrepreneur,” jelasnya.

Ketua Himpunan Mahasiswa Manajemen (Himem) Rahayu Nanda Jusrayana, mengatakan dalam kegiatan NET dan HMMI Expo 2019 yang kami selenggarakan ini proker HMMI, kegiatan ini terselenggara sejak bulan yang lalu, dan kami menerima surat pemberitahuan bahwa pelaksanaan propernas HMMI di Unbari.

“Kami menerima dan dapat menyanggupi hingga saat ini terlaksana menyiapkan kegiatan dalam jangka waktu 1 bulan. Hima lembaga kecil di perguruan tinggi tetapi kami membuktikan bahwa bisa juga melaksanakan kegiatan tingkat nasional,” katanya.

Kabid Humas Pengurus Besar (PB) HMMI Muhammad Benny Nasution memyampaikan, kegiatan ini ialah kita sebagai mahasiswa seharusnya yang menjadi titik tumpu di negara ini, agar tercapainya industri 4.0 di indonesia.

“Melalui kegiatan ini setidaknya mendapatkan ilmu sehingga kita dapat menjadi wirausahaan-wirausahaan yang dapat mendongkrak industri sendiri,” Harapnya.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Walikota H. Maulana, Kompol Norman Polda Jambi, Kabid Humas PB HMMI, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Sugihartono, Dekan Fakultas Ekonomi Arna Suryani.

Selain itu, Presiden BEM Unbari Arby Tya Aprilianif Surahman, Gubernur Fakultas Ekonomi Subnahadi, MPM unbari Faisal Saputra, dan para peserta mahasiswa dari Aceh, Riau, Sultra, Bangka Belitung dan Unbari. (Wahyu Jati)