Beranda Akses Rutinitas Tahunan, Pengurus Masjid Nurussalam Gelar Sunatan Massal

Rutinitas Tahunan, Pengurus Masjid Nurussalam Gelar Sunatan Massal

KOTAJAMBI, AksesNews – Sebagai salah satu bentuk kepedulian dan bakti sosial kepada warga sekitar, Pengurus Masjid Nurussalam di RT. 08 Kelurahan Talang Banjar, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi menggelar sunatan massal, Minggu (27/12/2020).

Sunatan massal yang juga merupakan kegiatan rutinitas akhir tahunan ini, sudah diselenggarakan oleh pengurus Masjid Nurussalam sejak tahun 2013 lalu.

Ketua RT 08, Sunarmanto menjelaskan, jadi kegiatan sunatan massal ini diselenggarakan dari dana wakaf warga yang dikumpulkan dengan cara suka rela. Yang mana, uang wakaf yang ada di masjid itu memang selalu digunakan untuk kegiatan bakti sosial.

Bakti sosialnya sendiri, kata Sunarmanto, seperti sunatan massal, diberikan kepada anak yatim atau santunan bagi anak yatim dan juga diberikan kepada warga miskin yang kurang mampu. Dana wakaf itu, berbeda dengan dana wakaf masjid.

“Ini adalah kegiatan sosial yang sudah kita selenggarakan sejak 2013 lalu. Dan ini merupakan kegiatan sunatan massal yang ketujuh kalinya kita lakukan setiap setahun sekali,” kata Sunarmanto selaku Ketua Penyelenggara Sunatan Massal, yang juga Ketua RT 08.

Selain itu, Sunarmanto juga menjelaskan dalam kegiatan sunatan massal yang dilakukan ini sasarannya terhadap warga di sekitar lingkungan maupun warga yang masuk dalam kategori kurang mampu.

Meski kegiatan sunatan massal di tahun ketujuh ini dilakukan di tengah pandemi, namun pengurus masjid tetap berupaya menyelenggarakan kegiatan bakti sosial ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, bahkan juga telah meminta izin sesuai prosedur yang ada.

“Karena kita tahu ini masih dalam kondisi pandemi, namun tetap kita berupaya menyelenggarakannya. Karena ini adalah kegiatan rutinitas ibadah yang sudah dilakukan sejak dulu. Kita melakukan kegiatan ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Lalu juga sudah kita minta izin gugus tugasnya untuk dapat menyelenggarakan acara, meski pesertanya kita batasi,” jelasnya.

Selaku Ketua RT 08, yang sudah menerima penghargaan atas prestasinya menjadikan Kampung Bantar. Sunarmanto juga aktif dalam melakukan kegiatan sosial terutama dalam menyelengarakan sunatan massal ini.

Meski kegiatan sunatan massal itu dilakukan dengan cara kerjasama, namun tak lepas dari ide dan izin Sunarmanto selaku Ketua RT setempat. Kegiatan bakti sosial sunatan massal ini juga dilakukan dengan sumber dana yang diwakafkan oleh warga dan donatur-donatur secara sukarela.

“Jadi kita buat kotak wakaf yang ada di masjid. Dimana kotak wakaf itu kita pisahkan dengan dana masjid. Agar tidak tercampur aduk. Nantinya dana dari kotak wakaf yang sudah terkumpul selama setahun kita gunakan untuk bakti sosial seperti sunatan massal dan berbagi santunan kepada anak yatim maupun warga yang terbilang kurang mampu. Dan itu rutin kita lakukan, tanpa menggangu dana masjid,” terang Sunarmanto.

Sejauh ini, kegiatan sunatan massal ini dapat berjalan lancar. Bahkan nantinya pihak pengurus masjid dan Sunarmanto selaku Ketua RT akan melakukan kerjasama dengan pihak Baznas Kota Jambi agar nantinya kegiatan sunatan massal ini bisa diselenggarakan lagi ditahun kedepan dengan peserta yang lebih banyak dari tahun sekarang.

“InsyaAllah, jika itu nantinya terjalankan dan proposal itu diterima, kita berharap kegiatan sunatan massal ini bisa berlangsung lebih ramai lagi pesertanya. Pastinya jika ditahun depan bebas dari pandemi Corona, insyaAllah,” ujarnya.

Saat ini, kegiatan sunatan massal yang diselenggarakan RT 08 Kelurahan Talang Banjar Kecamatan Jambi Timur Kota Jambi itu dihadiri peserta sebanyak 29 anak. Penyelenggara juga tak lupa turut memberikan anak-anak yang ikut dalam sunatan massal itu berupa bingkisan dari kain sarung, baju koko, kopiah dan uang sebesar 100 ribu rupiah untuk santunan bagi para peserta.

Kegiatan sunatan massal ini juga dilakukan oleh Dokter berpengalaman dan 3 perawat serta 1 mantri. Kegiatan sunatan massal ini tak lupa juga turur dihadiri oleh perwakilan Pemerintahan dari Kelurahan Talang Banjar, LPM, Lembaga Adat Melayu dan Forum RT.

Sunarmanto juga berharap kedepannya kegiatan bakti sosial ini supaya lebih banyak dari tahun ini. Ia pun menghimbau kepada yang mau berdonasi untuk kegiatan sosial ini dapat menghubungi pengurus masjid NurusSalam di RT 08, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi.

“Mari yang ingin berdonasi sumbangkan donasinya untuk kegiatan-kegiatan sosial kita akan lakukan ini rutin setiap tahunnya. InsyaAllah berjalan baik,” tutupnya. (Fer)

DRadio 104,3 FM Jambi