Beranda Akses Liga Desa Nusantara Seri Nasional Tahun 2018 Resmi Dibuka

Liga Desa Nusantara Seri Nasional Tahun 2018 Resmi Dibuka

TANGERANG, AksesNews – Seri nasional Liga Desa Nusantara (LDN) 2018 dimulai. Kompetisi tingkat puncak ini akan berlangsung di Kabupaten Tangerang, Selasa-Jumat 27-30 November 2018. Seri nasional diikuti 12 tim dari juara provinsi yang dipercayakan Kemendesa PDTT untuk menyelenggarakan Liga Desa pada tahun ini.

Adapun 12 tim itu adalah tim dari desa Nagari Bawan (Sumbar), Pematang Rahim (Jambi), Sibak (Bengkulu), Cukanggalih (Banten), Pangulah Selatan (Jabar), Bergas Kidul (Jateng), Rajawali Pulung Sari (Kaltim), Rappang (Sulsel), Tateli Tiga (Sulut), Ampera (NTT), Amasing Kota (Malut), dan Kele’i (Sulteng).

Seri nasional ini berlangsung di empat lapangan. Keempat lapangan itu adalah Bonex Legok, Cijantra, Persimura, dan Bojong Nangka. Babak penyisihan grup digelar pada Rabu-Kamis 28-29 November 2018. Lalu untuk semifinal dan final diselenggarakan pada Jumat 30 November 2018. Semifinal digelar pada pagi hari, lalu final di sore hari.

Pada Selasa malam berlangsung pembukaan seri nasional LDN 2018 di Hotel Fame, Kabupaten Tangerang. Pembukaan dihadiri Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Dirjen Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPMD) Kemendesa PDTT Taufik Madjid, dan Koordinator Manajemen Kompetisi Liga Desa M. Kusnaeni atau Bung Kus.

“Menjadi tuan rumah seri nasional Liga Desa tahun ini sungguh membanggakan. Apalagi momennya bertepatan dengan sepak bola Tangerang yang sedang bergairah karena Persita masuk empat besar Liga 2,” kata Bupati Ahmed Zaki Iskandar.

“Liga Desa ini adalah perintah dari Presiden Jokowi bahwa membangun Indonesia melalui pinggiran, dalam hal ini Kemendesa PDTT melakukannya dengan sepak bola dari desa,” tutur Dirjen PPMD Kemendesa PDTT Taufik Madjid.

Liga Desa tahun ini merupakan pelaksanaan kedua. Tahun lalu ajang yang diselenggarakan bertahap mulai kabupaten sampai provinsi ini seri nasionalnya berlangsung di Subang.
Liga Desa diselenggarakan oleh Kemendesa PDTT sebagai program unggulan “Raga Desa”.

Bila tahun lalu hanya dua provinsi yang dipercaya menyelenggarakan Liga Desa, pada tahun ini meningkat jadi 12 provinsi. Tim yang lolos ke seri nasional adalah mereka yang menjadi juara mulai seri kabupaten dan seri provinsi.

SUMBER: topskor.id

DRadio 104,3 FM Jambi