Beranda Akses Ikan Pari Terbesar Berbobot 5 Kuintal Ditemukan di Jambi

Ikan Pari Terbesar Berbobot 5 Kuintal Ditemukan di Jambi

TANJABTIM, AksesJambi.com – Warga Kelurahan Kampung Laut, Kecamatan Kuala Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi, dihebohkan dengan penangkapan ikan pari yang berukuran sangat besar, Minggu (27/10/2019).

Ikan pari raksasa tersebut beratnya diperkirakan mencapai 5 kuintal atau 500 kilogram (kg), yang ditangkap oleh nelayan setempat. Penangkapan ikan pari tersebut viral di media sosial (medsos) facebook dan instagram.

Dalam postingan akun instagram @kabarkampungkito memperlihatkan video ikan pari raksasa tersebut. Dalam captionnnya, dituliskan bahwa nelayan yang menangkap ikan pari raksasa itu, berniat untuk melepaskan tangkapannya di Perairan di wilayah laut Tanjung Jabung Timur.

Berdasarkan catatan, penemuan ikan pari yang memiliki nama latin Batoidea dan dalam bahasa Inggis bernama Stingray ini mengalahkan penemuan ikan pari raksasa sebelumnya pada tahun 2016 lalu.

Ikan pari terbesar di dunia sebelumnya berada di Sungai Mae Klong, Thailand yang ditemukan di perairan Ambawa, sekitar satu jam dari kota Bangkok, seberat 317-363 kg, dengan ukuran lebar 2,4 meter dengan panjang 4,58 meter, dilansir dari bahasaikan.com.

Di Indonesia sendiri, baru-baru ini juga sejumlah warga Desa Bunglai, Kecamatan Kedaton Peninjauan Raya, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan (Sumsel) menangkap ikan pari berbobot 2 kuintal atau 200 kg di Sungai Ogan wilayah setempat, pada 8 Oktober 2019, dilansir dari AntaraNews.com.

Untuk diketahui, ikan pari memiliki bentuk yang unik dan beda dengan ikan pada umumnya. Ikan pari memiliki bentuk lonjong pipih dengan ekor yang beracun dan panjang ini tersebar hampir diseluruh penjuru dunia. Makanan ikan pari adalah ikan kecil, udang, kepiting, dan cumi-cumi. (Team AJ)

DRadio 104,3 FM Jambi