Karyawan Hotel Berhamburan Keluar, Swiss-Belhotel Jambi Kebakaran? Ternyata Begini Faktanya

Swiss-Belhotel Jambi Rutin Gelar Simulasi Tanggap Darurat Kebakaran

JAMBI, AksesNews – Suara alarm atau sirine tanda bahaya terdengar berbunyi dari Swiss-Belhotel Jambi, para tamu dan karyawan hotel pun diperingatkan karena ada kebakaran, Rabu (27/09/2023).

Seluruh penghuni hotel dan staf dievakuasi ke luar gedung untuk diselamatkan. Kemudian, salah satu karyawan hotel menghubungi Pemadam Kebakaran (Damkar).

Ternyata, kebakaran tersebut hanyalah sebuah simulasi tanggap darurat kebakaran yang dilakukan Swiss-Belhotel Jambi. Kegiatan itu dilakukan untuk meningkatkan kesiapan dalam menghadapi kebakaran.

Sebelum bunyi alarm, General Manager Swiss-Belhotel Jambi, Ivan Bakara yang memimpin langsung pelaksanaan simulasi ini mengatakan kegiatan simulasi ini rutin dilakukan dan seluruh karyawan dilibatkan. Bertujuan untuk memastikan seluruh sistem alarm berfungsi dengan baik.

“Simulasi tanggap darurat kebakaran ini kami laksanakan secara rutin untuk memastikan seluruh sistem alarm dan peralatan lain sebagai antisipasi terjadinya bencana kebakaran yang berada di area hotel bekerja dengan baik,” kata Ivan Bakara.

Menurutnya, simulasi ini juga untuk memastikan pelatihan teori kepada seluruh staf Swiss-Belhotel Jambi diterapkan secara benar dan tepat, sesuai dengan prosedur, sehingga mampu menjaga keamanan dan keselamatan tamu, rekan kerja, dan staf itu sendiri.

“Karyawan Swiss-Belhotel Jambi diharapkan mempunyai kemampuan tanggap darurat, khususnya dalam bencana kebakaran. Karyawan harus mengerti cara tanggap kebakaran, penyelamatan diri dan latihan evakuasi korban,” harapnya.

Sebagai hotel berbintang, simulasi ini juga salah satu standar perusahaan, emergency response team sangat diperlukan dalam menangani bencana kebakaran. Swiss-Belhotel Jambi memastikan keselamatan tamu dan juga menyediakan lingkungan kerja yang aman bagi para karyawan. (Bjs/*)