Kontingen Jambi Hadiri Malam ‘Opening Ceremony’ Popnas XVI di Palembang

SUMSEL, AksesNews – Atlet, Pelatih dan Official Kontingen Jambi menghadiri malam Opening Ceremony Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) ke XVI di Palembang, Sumatera Selatan Sport and Convention Centre (PSCC), Minggu (27/08/2023) malam.

Event bergengsi tersebut mengusung tema berprestasi untuk negeri yang akan dilaksanakan mulai 27 Agustus sampai dengan 3 September yang di ikuti oleh ribuan Atlet dari seluruh Indonesia termasuk Atlet dari Jambi yang sudah tiba di Palembang.

Dalam Opening Ceremony satu persatu dari setiap Provinsi disebutkan oleh pembawa acara telah mengirimkan peserta, termasuk dari Jambi mengirim sebanyak 160 Atlet, 37 Pelatih dan 21 Official. Terdiri dari 18 Cabang Olahraga (Cabor).

Ketua Panitia Pelaksana Popnas ke-16 Sumsel Supriono menyampaikan bahwa maksud dan tujuan kegiatan Popnas adalah meningkatkan prestasi olahraga dan menjaring potensial, memberdayakan peran serta satuan pendidikan dan memperkuat persatuan dan kesatuan antar pelajar.

“Selanjutnya, Popnas menjadi ajang evaluasi hasil pembinaan prestasi olahraga pelajar tingkat nasional, juga bertujuan memotivasi dan mengoptimalkan pembangunan potensi atlet pelajar dan sebagai wahana seleksi pelajar yang disiapkan untuk menghadapi berbagai kegiatan tingkat nasional maupun internasional,” jelasnya.

Hadir dalam acara pembukaan tersebut yaitu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Dito Ariotedjo, Gubernur Sumsel Herman Deru, unsur Forkopimda Sumsel dan Para Tamu Undangan, Atlet Offial dan Para Pelatih seluruh Indonesia.

“Selamat datang kepada peserta dari seluruh penjuru Indonesia sebanyak kurang lebih 7000 sekian selamat datang,” papar Herman Deru.

Herman Deru bersyukur bahwa dari apa yang direncanakan dan laksanakan untuk membuka popnas ke-16 2023 ini dapat terealisasi, ini tentu berkat kerja keras panitia dan kerja sama semua pihak khususnya para pelajar se-indonesia pada umumnya dan pelajar-pelajar di Sumsel untuk dapat mengikuti pertandingan bergengsi dengan melibatkan 22 Cabor.

“Kami warga Sumatera Selatan mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga kementerian pendidikan, yang telah bekerjasama untuk dapat menyelenggarakan popnas ini di Kota Palembang,” ujarnya.

Herman Deru berharap, mudah-mudahan pihaknya dapat menjadi tuan rumah yang baik, bukan hanya dalam menerima tetapi memandu para tamu dalam hal ini atlet tim dan official dari kehadiran pelaksanaan, pertandingan sampai dengan penutupan dan kepulangan ke tempat masing-masing para atlet.

“Kami ucapkan sekali lagi terima kasih dan bangga kepada ketua panitia dan setiap unsur yang terlibat di dalam pelaksanaan ini dan kepada seluruh atlet khususnya atlet pelajar dari Sumatera Selatan berjuang untuk menang tapi tetap pertahankan sportivitas terima kasih atas segala kepercayaan ini,” pungkasnya. (Wjs/*)