Beranda Akses Tidak Benar PPKM Level 4 Kota Jambi-Batanghari Diperpanjang hingga 6 September

Tidak Benar PPKM Level 4 Kota Jambi-Batanghari Diperpanjang hingga 6 September

JAMBI, AksesNews – Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 4 di Provinsi Jambi sedang berlangsung untuk wilayah Kota Jambi dan Kabupaten Batanghari. Belakangan beredar kabar, bahwa penyekatan PPKM telah diperpanjang hingga tanggal 6 September 2021.

Untuk kebijakan pemberlakuan penyekatan, pembatasan dan pengetatan PPKM Level 4 di Kota Jambi, dilaksanakan sesuai Instruksi Wali Kota Jambi No. 19 Tahun 2021 tanggal 20 Agustus 2021. Kebijakan ini masih berlaku dan tetap sesuai rencana, dilaksanakan hingga tanggal 29 Agustus 2021.

Hingga saat ini, belum ada keputusan resmi untuk masa perpanjangan kebijakan tersebut. Adanya isu bahwa penyekatan PPKM diperpanjang hingga tanggal 6 September 2021, hal tersebut tidak benar.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan instruksi pusat itu tidak termasuk perpanjangan waktu penyekatan. Tetapi, hanya terkait PPKM. Pemkot Jambi belum memutuskan pengetatan PPKM level 4 diperpanjang.

“Belum tahu. Hari Sabtu malam Minggu nanti, Forkompinda Kota Jambi dan satuan-satuan yang bertugas di lapangan akan rapat untuk memutuskan apakah akan diperpanjang atau diberhentikan,” kata Fasha, Jumat (27/08/2021).

Keputusan perpanjangan ataupun tidak terkait kebijakan pengetatan PPKM Level 4 Kota Jambi akan ditentukan kemudian (diakhir masa penyekatan), berdasarkan hasil evaluasi bersama Pemkot Jambi, Pemprov Jambi dan Jajaran Forkompimda Provinsi maupun Kota Jambi.

Selain itu, Fasha juga menyampaikan ada beberapa indikator yang bisa membuat penyekatan PPKM tidak diperpanjang lagi. Misalnya, penurunan kasus Covid-19. Hingga saat ini, jumlah kasus sudah pecah dari 1.000 yang tercatat.

Sebagai informasi bagi rekan sekalian, selama sepekan penyekatan ini, Pemkot Jambi memperkuat upaya testing dan tracing kontak erat kasus aktif di 10 lokasi zona orange dalam wilayah Kota Jambi.

Kemungkinan akan adanya lonjakan kasus bisa saja terjadi, karena tujuan tracing adalah untuk menelusuri jejak kasus aktif, yang kemudian akan kita tangani treatmentnya dengan baik (melokalisir/mempersempit penyebaran kasus). (Bjs/*)

DRadio 104,3 FM Jambi