Tim Assesor BAN-PT Lakukan Visitasi Akreditasi Institusi Kampus Unbari

JAMBI, AksesNews – Dalam rangka pelaksanaan akreditasi perguruan tinggi, Universitas Batanghari (Unbari) Jambi menerima kunjungan dari Tim Assesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), dalam melakukan program Visitasi Institusi pada Jum’at (26/05/2023) kemarin.

Dimana tim Assesor terdiri dari 4 orang tersebut, akan melakukan program lapangan selama 3 hari dari tanggal 25-27 Mei 2023.

Terlihat dari kejauhan, Tim Assesor disambut langsung oleh Pejabat sementara (Pjs) Rektor Unbari Prof. Herri, kemudian diajak masuk keruangan rektor. Selesai pertemuan di ruangan tersebut, tim asesor kemudian beralih menuju ke Aula Abdurahman Sayoeti dalam rangka pembukaan vitisasi institusi tersebut.

Pembukaan berlangsung, dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, hingga beberapa menit kemudian diskusi di buka dengan cara tertutup. Kemudian di sela-sela diskusi tersebut, terlihat kedatangan tamu istimewa yaitu gubernur Jambi Al Haris memasuki ruangan tertutup tersebut.

Hingga beberapa menit kemudian, Gubernur Jambi meninggalkan ruangan, diskusi masih tetap berlanjut hingga istirahat, sholat dan makan siang. Pada pukul 15.00 WIB, rapat Visitasi Institusi secara tertutup dimulai hingga pukul 17.00 WIB, selesai.

Pjs Rektor Unbari Prof. Herri mengatakan, dimana Unbari sendiri dikunjungi oleh 4 tim dari assesor BAN PT dalam melihat kondisi yang sebenarnya dari Unbari itu sendiri. Ia juga mengatakan bahwa, unbari sendiri sudah menyampaikan program kerja, hingga tim asesor tersebut meninjau langsung kelapangan untuk melihat dan klarifikasi atas laporan kerja tersebut.

“Kegiatan tersebut dimulai pada tanggal 25 hingga 27 Mei 2023 dalam melakukan Visitasi Institusi di Unbari,” ujarnya.

Dimana Unbari sendiri dinilai dari 9 Kriteria, yang pertama dilihat dari visi, misi, kegiatan mahasiswa, kurikulum, hingga kegiatan para dosen. Itulah yang dijelaskan dan sambil melihat insfratruktur yang dimiliki, sambil menunggu keluar penilaian tentang kondisi berdasarkan yang dilaporkan.

“Sebelumnya kita berada di akreditasi Baik, harapan kita dengan kedatangan tim dari assesor BAN PT, akreditasi kita bisa meningkat dan berubah dari akreditasi sebelumnya,” kata Herri.

Lanjut Prof Herri, dimana akreditasi Unbari terakhir pada tahun 2020, namun jika dibandingkan pada tahun tersebut dengan sekarang, itu terjadi kenaikan yang cukup signifikan. Di antaranya Unbari sendiri banyak dosen yang bergelar doktor, hingga calon profesor, dan kinerja para dosen seperti pembuatan buku, pengabdian masyarakat, hingga kegiatan mahasiswa yang membanggakan.

“Kita ada beberapa rekomendasi catatan disampaikan oleh tim dari assesor BAN PT, dan itu menjadi sebuah panduan untuk lebih baik kedepan dengan program-program yang lebih baik,” tutup Herri.

Sementara itu, dari Tim Asesor BAN PT Mulyono menuturkan bahwa, Unbari sendiri sudah mengajukan program kerja hingga mengajukan akreditasi, dan hal tersebut sudah dilakukan sejak kemarin pada 25 Mei 2023, hingga hari ini 26 Mei, dan pada tanggal 27 Mei, tim asesor akan kembali untuk pulang, dikarenakan kegiatan tersebut telah selesai pada Jumat hari ini.

“Pertama Unbari sudah terakreditasi Baik, dengan hasil hari ini, dalam memotret kondisi sekarang, dari tim sendiri penilaian akan diserahkan kepada Dewan Pusat BAN PT, mudahan-mudahan mendapatkan yang optimal dari hasil potret sekarang,” tuturnya. (Wjs)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here