Beranda Akses Mapala Pamsaka dan Relawan Mangrove Lakukan Kegiatan Menanam

Mapala Pamsaka dan Relawan Mangrove Lakukan Kegiatan Menanam

TANJABBAR, AksesJambi.comMapala Pamsaka Stai An-Nadwah Kuala Tungkal dan Relawan Mangrove, gelar penanaman Mangrove di parit 9, Kuala Tungkal, Tanjung Jabung Barat (Tanjab Barat), Selasa (27/04/2021).

Kegiatan tersebut sebagai bentuk antusias dan apresiasi Mapala Pamsaka dan Relawan Mangrove untuk memperingati Hari Bumi.

Ketua Mapala Pamsaka Stai An-Nadwah Kuala Tungkal, Riyono mengatakan, digelarnya kegiatan tersebut karena wilayah parit 9 tersebut adalah wilayah yang terdampak erosi atau abrasi, yang harus ditanggulangi dengan cara menanam pohon mangrove.

Menurutnya, persoalan hutan adalah persoalan bersama. Maka dari itu ia mengajak kita selaku umat manusia, sebagai khalifah katanya, harus menjaga alam bersama-sama dan bertanggung jawab bersama.


“Penanaman ini penting dilakukan, untuk menjaga pesisir pantai dan ekosistem dari bencana yg bisa saja terjadi karena pengikisan tanah dan gelombang air laut, yang sudah menyebabkan rumah rumah warga tedampak banjir karena tidak ada yang menahan gelombang air laut,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Relawan Mangrove, M Windi Vanholand mengatakan, kegiatan menanam bukan sekedar kegiatan biasa, tetapi kegiatan yang sakral yang harus terus rutin diadakan. Bukan sedekar menanam, katanya, tapi juga terus dirawat setelah ditanam.

“Mangrove yang baru ditanam bagaikan bayi yang baru dilahirkan, yang harus dirawat dan dijaga.
Satu permintaan, jangan Covid yang disebarkan, tetapi virus melestarikan alam juga harus disebarkan,” jelasnya. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi