Beranda Akses 2.621 Warga Binaan Jambi Diajukan Dapat Remisi Hari Idul Fitri

2.621 Warga Binaan Jambi Diajukan Dapat Remisi Hari Idul Fitri

JAMBI, AksesNews – Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Provinsi Jambi, sedang mengusulkan remisi khusus hari raya Idul Fitri untuk warga binaan yang beragama Islam.

Disampaikan oleh Kadiv Lapas Kanwil Kemenkumham Provinsi Jambi, Aris Munandar, dari total warga binaan di Jambi yang berjumlah sekitar 4 ribu orang, ada 2.621 orang yang diusulkan untuk mendapatkan remisi pada hari raya Idul Fitri.

“Mereka yang diusulkan untuk mendapatkan remisi, terdiri dari 1.619 tindak kasus pidana umum dan 1.002 tindak kasus pidana khusus,” katanya, Selasa (27/04/2021).

Masa remisi yang diajukan, kata Aris, mulai dari 15 hari sampai dengan dua bulan. Hal itu tergantung dengan masa hukuman pidana.

“Terkait dengan remisi Idul Fitri atau sering disebut dengan remisi khusus, yang diberikan oleh narapidana muslim, besarannya adalah dari 15 hari hingga sampai dengan dua bulan,” ungkapnya.

Ia pun mengatakan bahwa warga binaan yang berhak mendapatkan remisi ini, minimal sudah menjalani hukuman pidana di lapas selama enam bulan.

Mereka yang telah menjalani hukuman selama satu tahun, kata Aris, akan diberikan remisi selama satu bulan. Begitu seterusnya dengan maksimal dua bulan.

Aris menjelaskan, remisi ini berlaku untuk semua kasus pidana. Tetapi, tetap dengan ketentuan dan syarat yang berlaku.

“Untuk syarat yang tindak pidana khusus seperti teroris harus sudah melewati deradikalisasi yang dilakukan oleh pihak lapas maupun BNPT,” pungkasnya. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi