Beranda Akses BPCB Jambi Nilai Candi Kotomahligai Miliki Keunikan Tersendiri

BPCB Jambi Nilai Candi Kotomahligai Miliki Keunikan Tersendiri

MUAROJAMBI, AksesNews – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jambi melakukan Prastudi Teknis terhadap Situs Candi Kotomahligai di kawasan Percandian Muaro Jambi selama sepekan ini, 21 hingga 28 Maret 2021.

Disampaikan oleh Ketua tim Studi Teknis Candi Kotomahligai, Wahyu Adi Nugroho, kegiatan ini dilakukan untuk melihat lebih jauh Candi Kotomahligai melalui perekaman data.

“Data-data ini nantinya untuk Studi Teknis. Sehingga upaya pelestarian kedepannya, selain berwawasan kepada pelindungan, bisa juga menjadi peluang pengembangan dan pemanfaatan,” ujarnya, Sabtu (27/03/2021).

Prastudi Teknis ini, kata Wahyu, dilakukan oleh beberapa tim. “Tim yang dimaksud meliputi tim pemetaan, tim pendokumentasian secara visual, dan tim perekaman 3D,” katanya.

Candi Kotomahligai Dinilai Unik

Menurut Wahyu, situs yang berjarak 900 meter dari Candi Kedaton ini, memiliki keunikan tersendiri dari segi lingkungan. Candi tersebut memiliki kekayaan yang hayati.

“Sehingga pelestarian yang dilakukan bukan hanya pada candi saja. Tetapi juga terhadap keanekaragaman hayatinya,” kata Wahyu.

Selain itu, di Candi Kotomahligai sempat ditemukan 2 buah arca gajah, 16 fragmen arca batu, dan fragmen genting yang memiliki glasir bewarna hijau.

Dengan demikian, Candi Kotomahligai tidak hanya berupa tumpukan bata yang berlumut saja. Tetapi merupakan situs yang menyimpan cerita terkait perkembangan Hindu-Budha. (Sob)

DRadio 104,3 FM Jambi