Beranda Advertorial Sani: Program ‘Dumisake’ Upaya Pemprov Jambi untuk Bangun Mental Umat 

Sani: Program ‘Dumisake’ Upaya Pemprov Jambi untuk Bangun Mental Umat 

JAMBI, AksesNews – Wakil Gubernur Jambi, Abdullah Sani menyatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi telah menganggap pembangunan mental umat yang beriman, berilmu, dan berakhlak sangat penting sekali sebagai salah satu upaya mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bersama. 

Hal tersebut dinyatakannya pada acara pembukaan Musyawarah Wilayah III Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesa (PW DMI) Provinsi Jambi, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (27/01/2022).

“Keseriusan Pemprov Jambi dalam upaya membangun mental umat telah tertuang dalam program Dua Miliar Satu Kecamatan (Dumisake) dan termasuk kedalam 5 pilar yaitu Pilar Jambi Agamis. Pembangunan mental umat yang beriman, berilmu, dan berakhlak merupakan salah satu upaya mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan bersama,” kata Sani.

Sani mengingatkan PW DMI Provinsi Jambi turut berperan dalam upaya mewujudkan pembangunan mental umat yang beriman, berilmu dan berakhlak di Provinsi Jambi, karena dalam perubahan zaman yang sangat cepat, tantangan yang dihadapi pun semakin berat. Masalah peradaban umat semakin kompleks, seperti pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, dan paham-paham yang sangat jauh dari nilai-nilai Islam.

“PW DMI Provinsi Jambi hendaknya bisa update dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu berkontribusi mengatasi masalah-masalah peradaban umat saat ini. Keberadaan masjid sangat vital bagi umat, hendaknya masjid bisa menjadi tempat yang bersahabat untuk semua kalangan, baik tua maupun muda, serta dilengkapi fasilitas, seperti perpustakaan, pendidikan Al-Quran dan koperasi, yang dapat menunjang keberadaan masjid sebagai pusat peradaban umat,” pesan Sani.

Lebih lanjut, Sani memberikan apresiasi terhadap keberadaan DMI Provinsi Jambi yang turut memberikan kontribusi dalam pembangunan, baik pembangunan nasional maupun pembangunan daerah dan terus berupaya meningkatkan kinerja organisasi serta kualitas seluruh kader.

“Pemerintah Provinsi Jambi siap menerima masukan dan saran konstruktif dari berbagai pihak dan instansi/organisasi, termasuk dari Dewan Masjid Indonesia dalam proses pembangunan untuk lebih mendorong kemajuan dan meningkatkan daya saing daerah Provinsi Jambi,” kata Sani.

Sani mengharapkan muncul ide-ide cerdas dan gagasan kreatif dari PW DMI Provinsi Jambi untuk membantu Pemprov Jambi melakukan terobosan dalam upaya meningkatkan kualitas SDM yang beriman, berilmu dan berakhlak mulia. PW DMI Jambi juga menjadi pengayom, penuntun, dan pengarah seluruh masjid yang ada di Jambi sehingga turut membantu memberikan kebaikan dan kedamaian serta membantu dalam menangani permasalahan yang terkait kegiatan ibadah dan persoalan umat.

“Saya minta dengan adanya Musyawarah Wilayah III Pimpinan Wilayah Dewan Masjid Indonesia Provinsi Jambi akan menghasilkan program-program kerja yang bisa menjadikan masjid-masjid yang ada di Provinsi Jambi sebagai pusat kegiatan keagamaan, pendidikan, sosial, dan perekonomian demi kemaslahatan daerah yang kita cintai ini,” tutup Sani.

Sekretaris Jenderal Pimpinan Pusat DMI, DR. H. Imam Addaruqutni, mengucapkan terima kasih kepada PW DMI Provinsi Jambi atas perjuangan dalam menghidupkan DMI di Provinsi Jambi guna memakmurkan masjid dan pada hilirnya masjid bisa memakmurkan masyarakat bersama pimpinan pemerintahan daerah.

“Mudahan mudahan Musyawarah Wilayah ini dapat menghasilkan program program kerja yang lebih relevan lagi dalam memakmurkan masjid dan membuahkan hasil yang baik, sehingga masjid bisa menjadi success story bagi masyarakat Provinsi Jambi,” kata Imam. (Kmf/*)