Beranda Akses Lewat Misi Dagang & Investasi, Khofifah Lirik Potensi Perkebunan Jambi

Lewat Misi Dagang & Investasi, Khofifah Lirik Potensi Perkebunan Jambi

JAMBI, AksesNews – Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa meningkatkan konektivitas dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi melalui program Misi Dagang dan Investasi. Dengan program itu, Pemprov Jatim dan Jambi akan bekerja sama untuk saling meningkatkan perekonomian. 

Komitmen kerja sama ini ditandai dengan Memorandum of Understanding (MoU) antar organisasi perangkat dari 2 pemerintah provinsi itu. Misi Dagang dan Investasi menjadi bagian dari penguatan secara institusional dengan mendirikan kantor perwakilan dagang. 

“Penanda tangan ini sesuai dengan koordinasi yang dilakukan dengan Pemprov Jambi yang kini menjadi mitra dagang kami. Berkaitan dengan investasi, peternakan, perikanan, kepegawaian,” kata Khofifah ketika berada di Hotel Ratu Convention Center, Kamis (27/01/2022). 

Selain itu, Khofifah mengatakan Jambi memiliki potensi perkebunan yang tinggi, karena menghasilkan kayu manis, karet, kopi dan lainnya yang berkualitas. Komoditi itu, turut diminati Provinsi Jatim. 

Sedangkan, Jatim biasanya mengirimkan barang elektronik, beras, pakaian, cabai, dan suku cadang kendaraan. Khofifah pun menyampaikan, pihaknya akan meningkatkan produktivitas pertanian, sesuai kearifan lokal. 

“Lalu populasi sapi Jatim berkisar 4,9 juta ekor pada tahun 2021. Sedangkan, provinsi kedua berkisar 1,8 juta ekor. Jauh sekali. Potensi ini akan menjadi referensi baru bagi Jambi,” sebutnya. 

Untuk diketahui, Jambi dan Jatim sudah 35 kali bertransaksi dengan Rp 103,960 miliar, sejak pukul 09.00 sampai 14.35 WIB, Kamis (27/01/2022), karena peluncuran program tersebut. 

Sebelum kerja sama ini dibentuk, Jatim dan Jambi sudah kerap bertransaksi. Selama tahun 2020, pengiriman dari Jatum ke Jambi sebesar Rp 70 miliar, dan pengiriman dari Jambi ke Jatim berkisar Rp 23,26 miliar. (Sob/*)