Gelar Akselarasi BIAN, Dinkes & TP PKK Jambi Capai Imunisasi Campak Rubella

Dinkes dan TP PKK Provinsi Jambi berikan paket Sembako. Foto: Ist
Dinkes dan TP PKK Provinsi Jambi berikan paket Sembako. Foto: Ist

MUAROJAMBI, AksesNews – Kejar Capaian imunisasi Campak Rubella, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dan Dinas Kesehatan Provinsi Jambi gelar Akselarasi Peningkatan Cakupan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) untuk anak usia 9 bulan hingga 12 tahun di Muaro Jambi, Senin (26/09/2022).

Kegiatan yang melibatkan 11 TP PKK dan dinas kesehatan kabupaten/kota serta 207 Puskesmas se-Provinsi Jambi. Dan dilaksanakan secara serentak dipantau melalui Video Conferen dan berpusat di Posyandu Sejahtera Desa Kota Karang, Kecamatan Kumpe Ulu, Kabupaten Muaro Jambi.

Ketua Tim Penggerakan PKK Kabupaten Muaro Jambi, Faradilah Zahara dalam laporan panitianya mengatakan bahwa Muaro Jambi secara data kabupaten capaian Campak Rubella sudah mencapai 100 % namun berdasarkan data Pusdatin, Muaro Jambi capaiannya adalah 71.3 %.

“Muaro Jambi akan terus bergerak untuk melaksanakan sweeping anak untuk diimunisasi sehingga semua anak Jambi mendapatkan perlindungan yang optimal dari campak rubella,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Muhammad Fery Kusnadi dalam sambutannya mengatakan, bahwa capain imunisasi Campak Rubella Provinsi Jambi sudah mencapai 76%, dan ini belum mencapai target 95% anak diimunisasi di Provinsi jambi.

“Kabupaten kota yang rendah cakupannya bisa memanfaatkan waktu sisa agar dapat meningkatkan cakupan anak yang imunisasi,” Jelas fery.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jambi, Hesnidar Haris dalam sambutannya mengatakan bahwa gerakan ini agar ini mulai 26 hingga 30 September 2022 ini bertujuan dapat meningkatkan cakupan imunisasi Campak Rubella dan imunisasi kejar anak Provinsi Jambi.

“Ini pada hakikatnya bukan persoalan angka-angka, tapi persoalan perlindungan terhadap anak-anak Jambi dari paparan penyakit Campak dan Rubella,” ujar Hesnidar.

Hesnidar juga menambahkan bahwa TP PKK berkewajiban menggerakan warga agar membawa anaknya untuk diimunisasi. Secara teknis ada tim kesehatan yang akan melaksanakan pelayanan imunisasi.

Kegiatan ini diisi dengan pelaksanaan imunisasi, penyerahan sertifikat kepada anak yang diimunisasi, penyerahan sertfikat kepada Posyandu dan penyerahan Sembako kepada ibu hamil.

Selain itu, Ketua TP PKK menyapa kabupaten/kota melalui video conferen terkait perkembangan pelaksanaan imunisasi serentak kabupaten/kota dan Puskesmas-puskesmas.

Kepala Unicef Zona Sumatera, Andi Yoga Tama menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada ketua TP PKK Provinsi dan kabupaten/kota serta dinas kesehatan kabupaten/kota dalam upaya meningkatkan cakupan imunasasi dasar lengkap kepada anak-anak Jambi.

“Yang dilakukan ibu gubernur dan kabupaten/kota sangat luar biasa, Provinsi Jambi berbeda dengan provinsi-provinsi lainnya. Semoga dukungan Unicef di Provinsi Jambi memberikan manfaat,” tulis Andi melalu chat zoom. (Wjs/*)