Beranda Akses Media Visit Pertamina EP 2019, Kenalkan Kegiatan Hulu Migas

Media Visit Pertamina EP 2019, Kenalkan Kegiatan Hulu Migas

JAMBI, AksesNews – Guna memberikan pemahaman yang utuh mengenai kegiatan industri minyak dan gas (Migas) dari hulu sampai ke hilir, Pertamina EP Jambi menggelar Media Visit Pertamina EP 2019, yang diikuti oleh sepuluh Jurnalis di Jambi, Kamis (26/09/2019).

Kesepuluh Jurnalis yang mengikuti Media Visit Pertamina EP 2019, antara lain dari media i-News Jambi, Jambi Link, Dinamika Jambi, Akses Jambi, Online Jambi, Jambi Day, Jambi Line, Jambi Daily, Berita Jambi dan Antara Foto.

Pada kegiatan tersebut, Gondo Irawan, Jambi Field Manager menjelaskan sekilas tentang kerja Pertamina EP Asset 1 Field Jambi, mulai dari Wilayah Kerja Pertambangan Field Jambi, Sejarah dan Produksi Field Jambi, Gambaran Umum Proses Produksi serta Program Unggulan CSR Field Jambi.

Selain Gondo Irawan, turut hadir Andrew selaku Pjs. Asset 1 Legal & Relation Manager, Ari Rachmadi Jambi Legal & Relation Asst Manager, Alip Triwanto Jambi Engineering & Planning Asst Manager, Rido Eko Hanggoro Jambi Production & Operation Asst Manager, Willy Zulkifli Jambi WOWS Asst Manager.

Dalam paparannya, Gondo Irawan menjelaskan bahwa Industri Hulu Migas dikelola oleh SKK Migas yang salah satu fungsinya adalah melakukan kegiatan pengawasan terhadap industri Hulu Migas. Secara umum, kegiatan Industri Hulu Migas mempunyai 5 (lima) tahapan kegiatan, yaitu eksplorasi, produksi, pengolahan, transportasi, dan pemasaran.

“Dari lima kegiatan pokok tersebut, dibagi menjadi dua kategori, yaitu kegiatan hulu dan kegiatan hilir. Kegiatan Usaha Hulu Migas adalah kegiatan eksplorasi dan produksi, sedangkan kegiatan Usaha Hilir meliputi pengolahan, transportasi, dan pemasaran. Untuk kerja dari Pertamina EP, hanya sampai kepada tahap produksi,” jelasnya.

Diluar sana, masyarakat umum sampai sekarang masih banyak yang terkadang salah kaprah terhadap kerja dari Pertamina EP. Kegiatan Industri Hulu Migas terdiri atas kegiatan eksplorasi dan produksi. Eksplorasi bertujuan untuk mencari cadangan baru, yang kemudian akan dilanjutkan dengan kegiatan produksi setelah menemukan cadangan baru.

“Saya kadang ditanya soal harga minyak dan kelangkaan gas, padahal itu bukan domain saya menjawab. Kita disini bekerja mulai dari mencari sumber lokasi sumur cadangan baru dan mengangkat migas ke permukaan bumi. Kami bekerja hanya sampai kepada tahap produksi saja,” ungkapnya.

Untuk itu, pihaknya berharap melalui kegiatan Media Visit Pertamina EP 2019 ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai sarana silaturahmi dan meningkatkan pengetahuan terhadap bisnis Pertamina dengan rekan-rekan media, baik media cetak, elektronik maupun online di Provinsi Jambi.

“Kami berharap dengan digelarnya kegiatan ini dapat meningkatkan komunikasi dan menumbuhkan kedekatan, sehingga terjalin hubungan yang sinergis dan harmonis antara media dan Pertamina yang beroperasi di wilayah Jambi,” harapnya.

Menurutnya, jika program media visit ini berhasil dengan efektif. Maka Pertamina EP Jambi kembali akan menggelar hal serupa dilain kesempatan, sehingga, antara Pertamina dan rekan media dapat terwujud kerja sama yang baik. Selain itu, ia juga berterimaksih kepada rekan media, yang selama ini turut mendukung kinerja Pertamina EP.

“Saya mengucapkan terimakasih, atas kerja sama yang telah diberikan rekan-rekan media yang telah berperan sangat baik di industri hulu migas Pertamina, khususnya Field Jambi. Saya berharap program seperti ini dapat dijalankan secara rutin, bisa enam bulan sekali atau tiga bulan sekali. Nanti kita atur lagi jadwalnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Andrew selaku Pjs. Asset 1 Legal & Relation Manager, sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan media visit ini bersama rekan-rekan media. Pertamina EP Jambi mengucapkan terimakasih, karena media telah berperan baik dalam kolaborasi selama ini dan telah berpartisipasi pada media visit ini.

“Kami sangat mengharapkan kerja sama, dan juga dukungan rekan-rekan media. Semoga kegiatan media visit ini bisa terus berjalan secara rutin sebagai sarana silaturahmi, dan meningkatkan pengetahuan rekan media. Kolaborasi rekan media dan Pertamina dapat ditingkatkan di waktu yang akan datang,” harapnya.

Pada kegiatan Media Visit ini, rekan-rekan Jurnalis diberikan kesempatan untuk melihat secara langsung area produksi migas yang berada di Kenali Asam, Kota Baru, Kota Jambi, dengan menggunakan perlengkapan, seperti baju, helm, dan sepatu yang telah disediakan oleh pihak panitia dari Pertamina EP Asset 1 Field Jambi. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi