Beranda Akses BMKG: Jambi Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

BMKG: Jambi Berpotensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

JAKARTA, AksesNews – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisik‎a (BMKG) memprediksi Jambi akan diguyur hujan pada hari ini, Kamis (26/09/2019). Hujan dengan intensitas lebat disertai angin kencang berpotendi terjadi di sebagian Jambi.

“Sesuai prakiraan dan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG, dalam sepekan ke depan, hujan dengan intensitas lebat berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia,” kata Deputi Bidang Meteorologi, Mulyono R. Prabowo, dalam rilisnya, Kamis (26/09/2019).

Terdapat sirkulasi siklonik di Samudera Pasifik timur Filipina (level 925/850 mb). Daerah Belokan Angin terdapat di wilayah Sulawesi bagian utara, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua bagian utara. Konvergensi terbentuk di wilayah pesisir barat Aceh-Sumatera Utara hingga Sumatera Barat.

Low Level Jet dengan kecepatan angin diperikaran mencapai >25 kt berpotensi terjadi di perairan Kalimantan Tengah – Kalimantan Selatan, Selat Makasar bagian selatan, Sulawesi bagian selatan, Laut Banda, NTT, Laut Timor dan di perairan selatan Vietnam. Hal tersebut menyebabkan terjadinya potensi hujan lebat disertai angin kencang, dan kilat/petir.

BACA JUGA: Dalam Sepekan ke Depan, Jambi Berpotensi Hujan Lebat

Berdasarkan pantauan BMKG, wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah Riau, Bengkulu, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Sulawesi Tengah. Selain itu, wilayah Aceh, Sumatra Utara, Jambi, Kalimantan Barat, Maluku Utara dan Papua juga masih berpotensi mengalami hujan lebat disertai angin kencang, kilat hingga petir.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui call center 021-6546315/18, atau melalui situs resmi www.bmkg.go.id, follow juga instagram @infobmkg, dan dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.

BACA JUGA: Jambi Berpotensi Diguyur Hujan Hari Ini

Setelah Diguyur Hujan, Udara Membaik dan Siswa Kembali Bersekolah

BMKG terus mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

Baca juga artikel terkait Hujan dan tulisan menarik lainnya BMKG. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi