Beranda Akses Revitalisasi Keterampilan, SLB Negeri Muaro Jambi Produksi Batik

Revitalisasi Keterampilan, SLB Negeri Muaro Jambi Produksi Batik

MUAROJAMBI, AksesNews – Batik Jambi pada saat ini sangat diminati oleh masyarakat lokal sampai internasional. Batik Jambi sendiri memiliki prospek yang baik, hanya saja masyarakatnya sendiri masih sedikit yang membudidayakannya.

Mengingat hal tersebut, Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Muaro Jambi merevatilisasi keterampilan membantik guna membekali keterampilan kepada siswa agar mandiri setelah tamat nanti.

Guru Keterampilan Ida Royani mengatakan membatik ini merupakan program baru di SLBN ini, hal tersebut mengangkat tema revatilisasi keterampilan yang artinya mengembalikan keterampilan yang sudah lama, Rabu (26/09/2018).

“Kebetulan batik Muaro Jambi kurang dikenal masyarakat luas, jadi pengennya kita mengenal bahwa batik Muaro Jambi itu ada, batinya pun memiliki motif khusus seperti motif duku, ikan sepat, nanas, candi dan banyak lagi,” jelas Ida.

Lanjutnya lagi, SLB N Muaro Jambi untuk saat sekarang hanya mampu mengangkat beberapa motif saja, dikarenakan masih dalam tahap belajar.

“Karena kita baru,maka kita berskala kecil dulu. Batik-batik ini oun kita aplikasikan ke bemtuk seperti sapu tangan, bandana, Cindramata dan aksesoris. Ini juga masih dalam tahap belajar sana sini. Kita juga bekerjasama dengan UMKM dan juga sering berdiskusi bagaimana cara pemasaran batik,” sebut Ida.

Batik-batik tersebut merupakan hasil karya tangan anak-anak SLB, hanya saja saat ini dalam kebutuhan produksi masih menggunakan batik cap, namun seluruh proses pengerjaan dilakukan anak-anak SLB, baik dari pewarnaan hingga akhir.

“Untuk Batik tulis bisa, seperti murid kita yang ikut lomba unjuk kerja kreativitas siswa dengan tema saputangan, juga dengan motif duku. Itu memang mereka kerjakan dari awal dari motif, mencanting, sampai pewarnaan sampai ke finishing,” pungkasnya.

Diketahui, SLBN Muaro Jambi memiliki 4 bidang kreatifitas yaitu membatik, tata boga, kriya kayu dan tata busana. Dalam peningkatan kompetensi keterampilan membatik siswa dan juga pemasarannya, SLB ini juga bekerja sama dengan 2 sanggar batik.

Selain itu, bagi masyarakat yang ingin memesan pembuatan sovenir dan membantu siswa SLB, silahkan pesan langsung di SLBN Muaro Jambi beralamatkan Jln.Bukit Cinto Kenang, Sengeti komplek perkantoran Bupati Muaro Jambi. (Alpin)

DRadio 104,3 FM Jambi