Beranda Akses Zulfa Fadhil Lepas Tim Sanggar Seni Bungo Serangkai Ikuti Festival Solo Menari

Zulfa Fadhil Lepas Tim Sanggar Seni Bungo Serangkai Ikuti Festival Solo Menari

BATANGHARI, AksesJambi.com – Mewakili Bupati Kabupaten Batanghari, Ketua TP PKK Kabupaten Batanghari, Zulfa Fadhil secara langsung melepas tim Sanggar Seni Bungo Serangkai, Desa Muaro Singoan, dalam ajang Festival Solo Menari, yang diselenggarakan di Koto Solo, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (26/04/2024).

Acara tersebut dilaksanakan di Serambi Rumah Dinas Bupati Batanghari, serta hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Disporapar, Kepala Dinas Kominfo, Kabid Keudayaan Dinas P & K, Camat Muara Bulian, Kepala Desa (Kades) Muaro Singoan beserta jajaran, Ketua BPD Muaro Singoan beserta jajaran, ketua RT, serta para orang tua dari para peserta.

Untuk diketahui, Tim Sanggar Seni Bungo Serangkai, Desa Muaro Singoan, sebelumnya juga telah pergi ke luar Provinsi dalam mengikuti ajang Festival Menari. Pertama, Festival Kota Lama Semarang, di Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Kedua, Festival MinangKabau, di Kota Payakumbuh, Provinsi Sumatera Barat dan Festival Solo Menari, di Kota Solo ini yang ketiga kalinya.

Untuk peserta yang berangkat dalam Festival Solo Menari ini sebanyak 35 orang terdiri dari peserta laki-Laki sebanyak 16 orang, peserta wanita sebanyak 10 orang, serta 9 orang pendamping.

Dalam sambutannya, Kades Muaro Singoan, Samdani mengucapkan rasa terima kasih kepada Ketua TP PKK Kabupaten Batanghari, yang telah berkenan melepas secara resmi kepergian mereka ke Solo.

“Atas nama Pemerintah Desa (Pemdes) kami menyampaikan rasa hormat kami, bahwa Ibu berkenan melepas Grup Sanggar Seni Bungo Serangkai, Desa Muaro Singoan, yang akan mengikuti Festival Solo Menari, di Kota Solo,” katanya.

Lanjutnya, Samadani berharap agar mereka sampai ketujuan dengan selamat dan mengikuti acara dengan baik.

“Kami mohon kepada Ibu, untuk memberi arahan dan petunjuk serta nanti, sekaligus melepas keberangkatan anak-anak kami ini ke Kota Solo, dan harapan kami semoga selamat sampai tujuan dan selamat lagi kembali ke Kabupaten Batanghari khususnya Desa Muaro Singoan,” harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua TP PKK Kabupaten Batanghari Zulfa Fadhil mengapresiasi kepada Pemerintah Desa (Pemdes) Muaro Singoan yang telah mewakili Kabupaten Batanghari dalam Festival Solo Menari Tahun 2024.

“Saya Selaku Ketua TP PKK Kabupaten Batanghari sangat mengapresiasi kepada Pemdes Muaro Singoan dan kepada anak-anak yang tergabung dalam tim Sanggar Seni Bungo Serangkai, yang bisa mewakil Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, Dalam Festival Solo Menari Tahun 2024,” katanya, disambut dengan tepuk tangan para anak-anak dan orang tua yang hadir. 

Istri dari Muhammad Fadhil Arief ini juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan memperingati hari tari sedunia yang jatuh pada tangal 29 April.

“Tujuannya adalah untuk mengantisipasi kan, menguniversalkan seni tanpa ada kaitannya dengan politik, ras, dan etnis,” himbaunya.

Lanjutnya, berharap dengan adanya kegiatan semacam ini agar menular kepada desa yang ada di Batanghari, dan tidak berhenti sampai di sini.

“Saya kagum dan bangga sama anak-anak Desa Muaro Singoan ini, bisa tampil dalam rangka memperingati hari tari sedunia ini, mudah-mudahan hal ini bisa menular dan menjadi contoh kepada desa yang lain di Batanghari ini, serta untuk saat ini Desa Muaro Singoan merupakan desa yang sangat peduli dengan budaya,” harapnya. (Ag/*)