Beranda Akses Angkutan Massal, BRT Segera Mengaspal di Kota Jambi

Angkutan Massal, BRT Segera Mengaspal di Kota Jambi

KOTAJAMBI, AksesNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jambi merancang pengoperasian untuk angkutan massal berupa Bus Rapid Transit (BRT), yang rencananya akan terintegrasi dengan angkutan kota (Angkot) dan pengoprasiannya berbasis online.

Kepala Dishub Kota Jambi Saleh Ridho, mengatakan BRT Kota Jambi akan menggunakan capsule bus dengan kapasitas 14 tempat duduk (seat). Pihaknya sedang merancang dan sejumlah rencana keberadaan BRT ini, sudah dibahas.

“Soal rute misalnya, BRT akan ada di jalur lingkar dan jalur dalam kota. Untuk tahap awal, masih di dalam kota. Sementara untuk jalur lingkar baru akan mengajukan bus ke pihak kementrian. Kalau jalur dalam kota sudah ada investasi dari pihak swasta yakni berupa bus sebanyak 5 sampai dengan 6 unit bus,” kata Saleh Ridho.

Namun ditegaskannya, dengan hadirnya BRT Kota Jambi ini tidak akan membuat keberadaan Angkot mati. Alasannya, angkot akan mejadi penghubung ke koridor BRT dalam kota. Sehingga ada konektivitas antara dengan bus yang ada.

Sementara itu, Walikota Jambi Syarif Fasha mengatakan, pihaknya saat ini masih membuat jalur koridor serta membahas tarif. Pemkot Jambi juga, sudah menjajaki kerja sama dengan pihak swasta. Untuk awal, akan dibuka 5 sampai dengan 6 koridor.

Menurutnya, Pemkot Jambi menargetkan ada 100 bus yang tersedia agar BRT Kota Jambi ini terus berkembang. Tahap awal, saat Lebaran akan hadir 5 bus sebagai percobaan. Saat ini bus masih dipesan di Karoseri, kalau tidak terkejar paling lambat awal Juli sudah bisa diakses.

BRT ini akan dilengkapi kamera CCTV, free wifi, dan berbasis online untuk pelayananan semisal pembayaran secara non-tunai. Jadi tinggal pesan online dengan aplikasi yang akan segera dibuat, lalu berjalan menuju angkot yang ada, kemudian diantar ke BRT.

Penumpang juga tidak akan menunggu terlalu lama karena dalam aplikasi tersebut sudah tersedia peta, sehingga penumpang tinggal melihat peta berapa lama lagi angkot atau BRT akan tiba. Pembaruan sistem dan cara seperti ini, agar masyarakat bisa pindah dari akses angkutan pribadi ke angkutan umum.

Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul: BRT Segera Beroperasi di Jambi, Ditargetkan 100 Bus Wara-wiri Layani Berbagai Rute

DRadio 104,3 FM Jambi