Kepala KpwBI Provinsi Jambi Tinjau Loket Penukaran Uang di GOR Kota Baru

JAMBI, AksesNews – Kegiatan layanan kas keliling terpadu yang tersentralisasi oleh Bank Indonesia dan perbankan tahun 2024 dilaksanakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Kota Baru Jambi di Jalan H. Agus Salim, Paal Lima, Kota Jambi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan SERAMBI 2024, yaitu Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (SERAMBI) 2024.

Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KpwBI) Provinsi Jambi, Warsono mengatakan SERAMBI merupakan serangkaian program untuk memenuhi kebutuhan uang Rupiah pada periode Ramadan dan Idul fitri (RAFI), yang memiliki kecenderungan meningkat dibandingkan periode normal, atau bulan biasa.

“Selain didorong peningkatan mobilitas masyarakat selama periode RAFI dan pertumbuhan ekonomi yang meningkat, adanya tradisi berbagi di bulan suci dan Idul Fitri mendorong juga peningkatan kebutuhan uang tunai,” kata Warsono, Selasa (26/03/2024).

Di moment yang sangat dinantikan masyarakat inilah Bank Indonesia, tentu bersama perbankan, perlu menegaskan kehadirannya dalam memenuhi kebutuhan dan kebahagiaan masyarakat untuk merasakan dan memiliki uang Rupiah yang masih layak edar untuk berbagi kepada keluarga, dan sesama.

Pada kegiatan Bank Indonesia berkolaborasi dengan 12 (dua belas) bank dalam kegiatan layanan penukaran, yaitu:
1) PT. BPD Jambi
2) PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk
3) PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk
4) PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk
5) PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk
6) PT. Bank Central Asia
7) PT. Maybank
8) PT. Bank Syariah Indonesia
9) PT. Bank Bukopin
10) PT. Bank Panin (Masih terus dikonfirmasi)
11) PT. Bank Mega
12) PT. Bank Sinarmas

Layanan kas keliling terpadu tersebut dilaksanakan pada pekan IV Maret (25 s.d 28 Maret 2024) dan pekan I April (1 s.d 4 April 2024). Bank Indonesia hadir pada 8 hari ini bersama dengan bank-bank yang jadwalnya nanti akan digilir, sehingga dalam satu hari akan terdapat 3-4 mobil loket yang akan melayani penukaran di GOR tersebut.

Untuk melakukan penukaran melalui layanan terpadu mobil kas keliling, masyarakat agar melakukan input rincian penukaran melalui aplikasi link://pintar.bi.go.id atau dapat dicari di website pada keyword pintar.bi.go.id. Namun masyakarat juga dapat langsung datang ke GOR ini, namun akan tergantung nomor antrian yang tersedia.

Layanan penukaran di GOR ini merupakan upaya langsung Bank Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang terutama uang pecahan kecil periode Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI), upaya Bank Indonesia yang lebih besar tentu dilakukan melalui mekanisme perbankan.

Jadi dari proyeksi kebutuhan uang di Jambi pada periode RAFI 2024 yaitu 15 Maret-5 April 2024 ini yang sekitar Rp2,2 triliun, sebagian besar tentu dilakukan melalui mekanisme bank. Sehingga masyarakat dapat melakukan penukaran di bank masing-masing.

KPwBI Jambi memproyeksikan kebutuhan uang (outflow) periode RAFI 2024, yaitu mulai 15 Maret sampai dengan 5 April 2024 sebesar Rp2,202 triliun atau meningkat sebesar 9% dari realisasi outflow periode RAFI 2023 yang sebesar Rp2,029 triliun. (Rls/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here