Beranda Akses Kejari Tanjab Barat hanya Selesaikan 1 Perkara Lewat Restorative Justice

Kejari Tanjab Barat hanya Selesaikan 1 Perkara Lewat Restorative Justice

TANJABBAR, AksesJambi.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Jabung (Tanjab) Barat selama tahun 2020 dan 2021 hanya menangani 1 perkara melalui mekanisme restorative justice atau keadilan restoratif.

“Hanya ada satu perkara terkait restorative justice atau keadilan restoratif itu tahun 2020,” ungkap Kasi Pidum Kejari Tanjab Barat, Wawan Setiawan, Rabu (26/01/2022).

Lebih lanjut, Wawan Setiawan menambahkan bahwa untuk tahun 2021 kemarin, Kejari Tanjab Barat ada memantau perkara akan tetapi kualifikasinya belum memenuhi.

“Tahun 2021 tidak ada, karena kualifikasi perkaranya tidak memenuhi. Sebab, kerugian yang diderita korban lebih dari 2,5. Kemudian, pasal yang disangkakan lebih dari 5 tahun,” katanya.

Untuk tahun 2022 ini, dirinya berharap agar restorative justice semoga bisa ditingkatkan di Kejari Tanjab Barat karena kegiatan itu bertujuan untuk memenuhi rasa keadilan di masyarakat.

“Harapan kita tentu bisa lebih ditingkatkan terkait RJ ini, karena ini untuk memenuhi rasa keadilan di masyarakat,” ucapnya.

Restorative Justice merupakan upaya penyelesaian perkara di luar jalur hukum atau peradilan, dengan mengedepankan mediasi antara pelaku dengan korban.

“Proses tersebut diperlukan agar keadilan korban yang terenggut dapat benar-benar dipulihkan, sehingga tidak menyisakan rasa dendam,” pungkasnya. (Dika)