Beranda Akses Tanjab Barat Siapkan Isolasi Mandiri Bagi Nakes Terpapar Covid-19

Tanjab Barat Siapkan Isolasi Mandiri Bagi Nakes Terpapar Covid-19

TANJABBAR, AksesJamboi.com – Angka kasus pasien terkonfirmsi positif Covid-19 di kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat terbanyak nomor dua se-Provinsi Jambi, baru-baru ini tenaga kesehatan (Nakes) pun banyak terpapar sehingga tempat isolasi pasien menjadi terbatas.

Pemerintah Kebupaten (Pemkab) Tanjab Barat, dalam hal ini Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) telah mengambil langkah terkait penuhnya ketersediaan ruang isolasi para pasien Covid-19, yakni di eks Puskesmas Tungkal II dan Balai Adat Tanjab Barat.

Dirut RSUD KH. Daud Arif Kuala Tungkal, dr. Elfry Syahril, mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan ruang isolasi khusus bagi perawat dan nakes lainnya yang terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kita sudah menyiapkan rumah dinas sebagai tempat isolasi bagi nakes yang memang tidak bisa melakukan isolasi mandiri di rumah, mungkin di rumahnya secara protokol kesehatan belum bisa untuk dilakukan isolasi mandiri,” katanya. Selasa (26/01/2021)

Lebih lanjut, kata Elfry, bagi perawat yang ditugaskan merawat pasien Covid-19 itu tidak ada tempat khusus atau mess, namun mereka tetap diizinkan untuk pulang ke rumahnya masing-masing.

“Kalau perawat kita yang menangani pasien Covid-19, mereka tetap pulang ke rumahnya sendiri karena sejauh ini perawat kita yang melayani pasien positif sesuai dengan protokol kesehatan seperti menggunakan APD lengkap dan rutin dilakukan pengecekan kondisi fisiknya,” kata Elfry.

Sementara itu, di RSUD KH Daud Arif Kuala Tungkal sendiri terdapat sebanyak 35 ruangan untuk menangani pasien Covid-19 dan ada sebanyak 18 ruangan yang sedang terpakai, di antaranya teruntuk pasien suspek dan terkonfirmasi.

“Kalau ruangan kita, ada sebanyak 35 dan yang terpakai 18 ruangan. Adapun jumlah nakes kita untuk menangani pasien Covid-19 sebanyak 41 orang, di antaranya dokter spesialis, paru-paru, anak penyakit dalam dan perawat,” tutupnya. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi