Beranda Akses Melihat Gudang Penyimpanan Vaksin Covid-19 di Kota Jambi

Melihat Gudang Penyimpanan Vaksin Covid-19 di Kota Jambi

JAMBI, AksesNews – Tidak ada kendala dalam menyimpan Vaksin Sinovac di Gedung Instalasi Farmasi Kota Jambi, sehingga Gedung tersebut siap menerima Vaksin Sinovac tahap selanjutnya.

Kepala Instalasi Farmasi Kota Jambi, Mulya Agustina, mengatakan Gedung Instalasi Farmasi Kota Jambi saat ini mempunyai 4 unit alat penyimpanan Vaksin Sinovac, yakni 2 unit Cold Chain dan 2 unit Pharmaceutical Refrigerator.

Satu unit Cold Chain, kata Mulya, mampu menampung sekitar 6.000 vial (botol kecil) Vaksin Sinovac. Sedangkan, kapasitas satu unit Pharmaceutical Refrigerator, bisa menerima Vaksin Sinovac sekitar 2.000 vial.

“Saat 8.000 dosis vaksin tiba untuk vaksinasi tenaga kesehatan, kita menggunakan satu Cold Chain dan satu Pharmaceutical Refrigerator saja,” lanjutnya, Selasa (26/01/2021).

Mulya memperkirakan Gedung Farmasi Kota Jambi dapat menerima Vaksin Sinovac yang akan datang, karena daya tampung penyimpanan tersebut.

“Jadi belum ada rencana penambahan alat penyimpanan vaksin. Kita juga melihat pengalaman saat menyimpan Vaksin Sinovac sebelumnya,” ujarnya.

Penyimpanan Vaksin Sinovac di Gedung Instalasi Farmasi Kota Jambi, juga dianggap tidak ada kendala dan sesuai dengan standar dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia.

“Ini sudah sesuai standar dari Kementrian Kesehatan. Kita juga siapkan instalasi listrik yang memadai, bahkan kita siapkan genset,” kata Mulya.

Mulya juga menyampaikan penyimpanan Vaksin Sinovac harus dengan suhu 2 sampai 8 Derajat Celsius. Pihaknya mengambil jalan tengah untuk penyimpanan Vaksin Sinovac, yakni mengatur suhu penyimpanan sekitar 4 Derajat Celsius.

“Penyimpanan Vaksin Covid-19 itu suhunya tidak boleh di bawah 2 Derajat Celsius. Juga tidak boleh lebih dari 8 Derajat Celsius. Tapi di sini kita ambil suhu di tengahnya sekitar 4 Derajat Celsius,” jelasnya.

Mengenai Vaksin Sinovac yang kedua, belum diterima oleh Gedung Instalasi Farmasi Kota Jambi. Pihaknya masih menunggu instruksi dari Pemerintah Kota Jambi. (Sob/*)

DRadio 104,3 FM Jambi