Beranda Akses Fachrori Nonjob dan Turunkan Pangkat Sejumlah Eselon II

Fachrori Nonjob dan Turunkan Pangkat Sejumlah Eselon II

Gubernur Jambi, Fachrori Umar. Foto: Humas Pemprov
Gubernur Jambi, Fachrori Umar. Foto: Humas Pemprov

JAMBI, AksesNews – Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, dan Administrator di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, Senin (25/11/2019), di Rumah Dinas Gubernur Jambi dihebohkan dengan turunnya pangkat para pejabat.

Di dalam Peraturan Pemerintah (Permen) No. 53 tahun 2010 tentang disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS), penurunan pangkat eselon merupakan salah satu bentuk hukuman disiplin berat. Tentunya, Gubernur Jambi Fachrori Umar mempunyai pertimbangan atas keputusannya tersebut.

Fachrori menurunkan pangkat pejabat beberapa kepala dinas saat merotasi sejumlah pejabat. Selain itu, Fachrori juga menonjobkan beberapa kepala dinas dan akan langsung digantikan dengan Pelaksana Tugas (Plt) di masing-masing dinas yang terkena nonjob pimpinannya.

Dalam pelantikan hari ini, Fachrori mendemosi beberapa pejabat, seperti Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, Ariansyah menjadi Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi di Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Jambi.

Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jambi, Ujang Heriadi menjadi Kapala Bidang Deposit Pengembangan Koleksi Layanan dan Pelestaraian Bahan Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Jambi.

Kepala Biro Umum Setda Provinsi Jambi, Otin Supandi menjadi Kepala Biro Organisasi Setda Provinsi Jambi. Ketiganya dilantik langsung oleh Gubernur Jambi, Fachrori Umar dan disaksikan oleh seluruh tamu undangan yang hadir di Rumah Dinas Gubernur Jambi.

Sementara itu, terkait adanya beberapa pejabat Eselon II Pemprov Jambi yang di non job, Fachrori membenarkan hal tersebut usai melantik beberapa pejabat Pratama dan Administrator di lingkungan Pemprov Jambi, di Rumah Dinas Gubernur Jambi.

“Iya, yang di-nonjob-kan memang ada,” sebutnya.

Sebelumnya diketahui, beberapa pejabat non job tersebut antara lain, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Agus Heryanto. Selanjutnya, Kepala BKD Provinsi Jambi, Kepala Biro (Karo) Kesramas, dan Kepala DLH Provinsi Jambi.

BACA JUGA: 5 Fakta Mutasi dan Penggantian Pejabat Pemprov Jambi

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi, Johansyah mengatakan, bahwa tiga pejabat yang di-nonjob-kan, akan langsung digantikan dengan Plt, kecuali Kepala DLH Provinsi Jambi.

“Kalau DLH itu bukan di-nonjob-kan, tetapi memang memundurkan diri,” kata Johansyah saat dikonfirmasi, Senin (25/11/2019).

Berikut pejabat yang mengisi jabatan yang di-nonjob-kan antara lain, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi diisi oleh Varial Adi Putra, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi.

Kepala BKD Provinsi Jambi diisi oleh Pahari, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan, Pensiun dan Mutasi di BKD Provinsi Jambi. Jabatan Karo Kesramas diisi oleh Taufik, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bagian (Kabag) Agama Biro Kesramas.

“Untuk Kepala DLH Provinsi Jambi, saat ini belum diketahui penggantinya siapa, mengingat masih menunggu Surat Keputusan (SK) pemunduran dirinya keluar terlebih dahulu,” pungkasnya. (Bjs/Team AJ)