Fachrori Jamu Jusuf Kalla Makan Malam di Rumah Dinas

JAMBI, AksesNews – Kedatangan Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla disambut Gubernur Jambi Fachrori Umar, dengan menggelar jamuan makan malam bersama di Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin (25/11/19) malam.

Tampak hadir H.Hasan Basri Agus (HBA), Wakil Bupati Muaro Jambi Bambang Bayu Suseno, Wakil Bupati Sarolangun Hilallatil Badri, Walikota Jambi Syarif Fasha, Pejabat Pemerintah Provinsi Jambi serta para tamu dan undangan lainnya.

Harapan Gubernur Jambi atas kehadiran Jusuf Kalla di Provinsi Jambi dapat memberikan motivasi dan dorongan serta langkah-langkah strategi dalam meningkatkan kesejahteraan pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan umat.

Fachrori menyampaikan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi memfasilitasi pengembangan sarana dan prasarana serta kelembagaan keagamaan, sarana ibadah, pertemuan antar umat beragama dan peningkatan pelayanan keagamaan, pelatihan dan pembinaan pondok pesantren serta dialog tokoh agama tentang pemahaman kerukunan umat beragama.

“Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan dari hati atas kiprah yang telah dilakukan DMI termasuk juga PMI memiliki peran besar kemanusian,” ungkap Gubernur Jambi.

Sementara itu, Jusuf Kalla mengakui dirinya bertekad untuk mengunjungi daerah setelah menghabiskan masa jabatan sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia.

“Tekad sekaligus meminta maaf selama lima tahun tidak banyak waktu mengurus DMI dan PMI inilah yang penting untuk saya pribadi datang menemui saudara didaerah untuk melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan dan sosial ini,” kata Jusuf Kalla.

Selaku Ketua DPP DMI, Jusuf Kalla mengaku terharu terkait keberadaan masjid dan mushala di Indonesia yang hampir berjumlah satu juta dan 95 persen dibangun oleh masyarakat.

“Pemerintah dan lembaga membangun hanya 5% mungkin kurang dan berbagai tempat sudah terbangun masjid masyarakat, sekolah, kantor dan masjid tempat persinggahan, musala SPBU, artinya kehidupan beragama luar biasa tingginya di Indonesia,” jelasnya.

Terkait PMI, Jusuf Kalla menegaskan bantuan kebencanaan hendaknya datang paling telat enam jam setelah bencana jika tidak akan bertambah bencananya atau tambah korban.

Ketua PMI Provinsi Jambi, Hasan Basri Agus (HBA) juga sebagai Anggota DPR RI menyatakan belum maksimalnya peran PMI Provinsi Jambi namun dengan segala keterbatasan yang ada masih mampu eksis menjalankan fungsi dan perannya ditengah-tengah masyarakat yang membutuhkan terutama menghadapi kebakaran lahan dan hutan.

“Peran PMI cukup besar membantu masyarakat didesa bekerjasama dengan relawan dan mitra PMI telah distribusikan 237.350 masker, mendistribusikan air bersih, terapi oksigen, memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, penyuluhan dampak karhutla, membuat ruang oksigen bebas kabut asap,pemberian nutrisi anak yang melibatkan lebih 218 orang relawan dari berbagai mitra PMI,” ungkap HBA.

Kedatangan Jusuf Kalla selaku Ketua Umum PMI menyerahkan hibah satu unit mobil tangki kepada PMI Jambi. “InsyaAllah amanah tersebut akan kami manfaatkan sebesar-besarnya bagi kegiatan kemanusiaan didaerah Jambi,” ungkap HBA.

Pada jamuan makan malam tersebut dilakukan penandatanganan nota kesepahaman: DMI dengan Dinas Kop,UMKM, Bank Jambi, Bulog Jambi, dalam rangka Penguatan Pemberdayaan Ekonomi Umat Berbasis Masjid.

DMI dengan PMI, LPP TVRI dalam rangka Penguatan Ukhuwah Islamiyah Dalam Tugas Kepalangmerahan Berbasis Masjid. Serta penyerahan satu unit mobil tangki air bersih dari PMI Pusat kepada PMI Provinsi Jambi. (Hms)