Beranda Akses PON Papua, Titik Nol Pembinaan Prestasi Atlet Jambi Menuju PON Aceh-Sumut

PON Papua, Titik Nol Pembinaan Prestasi Atlet Jambi Menuju PON Aceh-Sumut

PAPUA, AksesNews – Ketua Kontingen Jambi, AS Budianto kembali menegaskan soal bonus dan uang pembinaan pemusatan pelatihan untuk atlet berprestasi peraih medali emas PON XX Papua 2021, jelang pertandingan pada besok, Senin (27/09/2021).

Dikatakannya, KONI Provinsi Jambi berharap besar dari hasil PON Papua ini. Sesudah PON Papua ini, kata AS Budianto, awal tahun depan sudah menatap menuju PON Aceh-Sumatera Utara (Sumut) pada tahun 2024/2025.

“Sistem pembinaan prestasinya, yaitu sistem promosi dan degradasi. Apa yang dihasilkan di PON Papua ini, merupakan titik nol dari pembinaan prestasi untuk seluruh cabor yang ada di Jambi yang nantinya akan berlanjut ketika Kejurnas bisa promosi atau bisa juga degradasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Wakil Ketua Umum I KONI Provinsi Jambi, AS Budianto juga menjelaskan, apabila di PON Papua ini ada atlet yang mendapatkan emas namun nanti di Kejurnas ia menurun prestasinya, maka yang hasil Kejurnas itu akan dipromosikan.

“Arah pembinaan prestasi menuju PON selanjutnya akan diprioritaskan untuk cabor-cabor yang hari ini meraih prestasi, akan ada cabor super prioritas, itu adalah cabor yang mendapat medali emas,” tegasnya.

Tentunya itu, akan betul-betul diperhatikan dari segi insentif, pembinaan, prestasinya, peralatannya dan lain-lain. KONI Provinsi Jambi akan mengupayakan bahwa, cabor super prioritas yang akan diutamakan. Untuk Cabor non-prioritas yaitu, cabor yang tidak mempunyai prestasi tidak akan berangkat ke PON Aceh-Sumut.

“InsyaAllah, tahun depan sesuai dari hasil komunikasi antara Diskepora dengan Pemerintah Provinsi Jambi dana itu akan dihibahkan ke KONI. Kami akan menyusun RKA tersebut, seperti PON-PON yang lalu dana pemberian prestasi adalah Rp 5 juta setiap bulan untuk peraih medali emas,” pungkasnya.

Uang Bulanan Rp 5 Juta dari KONI untuk Atlet Jambi yang Raih Emas di PON Papua

Sementara itu, Ketua Umum KONI Provinsi Jambi, Budi Setiawan menjamin terkait bonus dan uang pembinaan pemusatan pelatihan untuk atlet berprestasi peraih medali emas PON XX Papua 2021.

“Kepada para atlet Jambi yang akan berlaga di PON Papua, jangan khawatir soal bonus dan uang insentif, tetap fokus bertanding, raih prestasi dan tunjukan hasil yang maksimal. KONI Provinsi Jambi sudah menyusun RKA, soal bonus dan insentif atlet,” ungkapnya.

Untuk diketahui, bonus atlet peraih emas sebesar Rp 300 juta, perak Rp 125 juta dan perunggu Rp 75 juta. Sedangkan, uang pembinaan pemusatan pelatihan atlet peraih emas akan mendapatkan Rp 5 juta, perak Rp 2,5 juta dan perunggu Rp 1 juta. (Bjs/*)

DRadio 104,3 FM Jambi