Beranda Akses Setelah Diguyur Hujan, Udara Membaik dan Siswa Kembali Bersekolah

Setelah Diguyur Hujan, Udara Membaik dan Siswa Kembali Bersekolah

KOTAJAMBI, AksesNews – Beberapa hari terakhir, kondisi kualitas udara di sejumlah kabupaten yang terdampak Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) Jambi sangat buruk, khususnya di Kota Jambi. Bahkan pada Selasa (24/09/2019) kemarin, masih dalam kategori tak sehat hingga berbahaya.

Namun, setelah guyuran hujan yang cukup deras hari ini sekitar pukul 18.30 WIB hingga 19.30 WIB, Rabu (25/09/2019) malam, kualitas udara di Kota Jambi berangsur membaik. Berdasarkan data AQMS Dinas Lingkungan Hidup Daerah (DLHD) Kota Jambi, parameter PM 2.5 nilai 10, dibawah baku mutu, kategori baik.

Kosentrasi partikel atau debu yang berterbangan diudara sudah sangat kecil. Seluruh parameter kualitas udara Kota Jambi dibawah baku mutu, terkecuali data konsentrasi O3 (Ozon) dengan nilai 165, dapat meningkatkan suhu diudara.

Salah satu warga Kota Jambi, Sopwan (27) menceritaan, situasi yang terjadi pada malam hari ini berbeda sekali dengan suasana udara Kota Jambi beberapa hari sebelumnya. Saat itu, asap sangat tebal, debu bertebaran hingga langit sempat berubah warna menjadi kekuningan. Kalau lagi dijalan naik motor, mata terasa perih.

‘’Udara malam ini lumayan segar, kabut asap juga terlihat mulai menipis. Sebenarnya, sejak kemarin juga sudah mulai membaik, karena paginya sempat gerimis sebentar. Malam ini hujan sangat lebat, yang membuat kabut asap sedikit menghilang dan udara mulai segar,” kata Sopwan, Rabu (25/09/2019) malam.

Dirinya mengaku tak tahu persis, apakah hujan hari ini turun akibat adanya program hujan buatan atau tidak. Namun yang penting berkat air hujan udara terasa seperti dicuci. Sofwan berharap, semoga saja, kebakaran hutan dan lahan serta kabut asap di daerah lain juga mulai berangsur padam dan cepat teratasi.

Dengan membaiknya kualitas udara dan kondisi udara yang mulai bersih, Dinas Pendidikan Kota Jambi kembali mengaktifkan kegiatan belajar mengajar di sekolah serta aktivitas kerja ASN/PTT Pemerintah Kota Jambi/Pegawai Swasta dalam Kota Jambi mulai besok, Kamis (26/09/2019).

Semua siswa sekolah jenjang TK/PAUD/SD/SMP Negeri/Swasta/Sederajat masuk sekolah kembali sebagaimana biasanya, namun tetap dianjurkan menggunakan masker. Untuk sementara, kegiatan belajar mengajar diluar ruangan tetap ditiadakan. Kebijakan tersebut akan disesuaikan seperlunya, dengan memperhatikan kondisi udara dalam beberapa hari kedepan.

Baca juga artikel terkait Karhutla Jambi atau tulisan menarik lainnya mengenai Kualitas Udara. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi