Beranda Advertorial 64 Bakal Calon Kades dari 9 Desa Ikuti Seleksi Tertulis

64 Bakal Calon Kades dari 9 Desa Ikuti Seleksi Tertulis

TANJABBAR, AksesJambi.com – Sebanyak 64 bakal calon kepala desa (bacakades) dari 9 desa mengikuti seleksi tertulis yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Tanjabbar, di Aula Kantor Bupati, Rabu (25/09/2019).

Pemkab Tanjabbar pada tahun 2019 ini akan mengadakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak di 56 desa dari 114 desa yang ada. Pilkades tersebut akan diselenggarakan pada 17 Oktober 2019 mendatang.

Kepala Dinas PMD Tanjabbar melalui Kasi Fasilitasi Aparatur Desa, Rima Rusilawati memastikan bahwa seleksi yang diselenggarakan ini dilakukan secara transparan.

“Hari ini kita melakukan seleksi tertulis untuk bakal calon kades, ada 9 desa yang memiliki calon lebih dari 5, hal ini membuat pihak PMD membuat seleksi untuk mengkerucutkan menjadi 5 bakades,” katanya.

Lebih lanjut, Rima mengatakan kegiatan yang berupa seleksi ini merupakan serangkaian tahapan Pilkades yang diatur peraturan Bupati nomor 9 tahun 2015. Pilkades dengan jumlah peserta minimal dua calon dan paling banyak maksimal lima calon. Sehingga, diperlukan seleksi untuk mendapatkan balon sesuai aturan.

Selain itu, Rima juga mengungkapkan bahwa peserta yang mengikuti seleksi diberi 50 soal untuk diisi dalam waktu satu jam yang mana soal tersebut meliputi tentang desa, undang-undang desa dan lembaga adat.

“Bakal calon kades yang mengikuti ujian diberi 50 soal untuk diselesaikan dalam waktu satu jam, proses seleksi itu meliputi penilaian skoring dan tes tulis. Semua tahapan itu dilakukan secara transparan,” pungkasnya.

Untuk diketahui 9 desa yang mengikuti tahapan seleksi, diantara Desa Pematang Tembesu 10 balon, Lubuk Bernai 9 balon, Teluk Pengkah 7 orang, Muara Danau 7 orang, Sungai Paur 6 orang, Bukit Bakar 6 balon, Merlung 7 balon, Suak Samin 6 balon, Bram Itam Raya yang semula 7 berkurang menjadi 6 karena salah satu calon mengundurkan diri. (Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi