Beranda Akses Volume Penggunaan Gas Pipa Meningkat Selama Pandemi Covid-19

Volume Penggunaan Gas Pipa Meningkat Selama Pandemi Covid-19

JAKARTA, AksesNews – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) Tbk. mencatat selama pandemi terjadi peningkatan volume gas melalui pipa.

“Kami mencatat adanya tren peningkatan volume penggunaan gas pipa selama pandemi,” kata Senior Advisor, City Gas Sales and Customer Management PT Perusahaan Gas Negara Tbk. Sabaruddin, saat menjadi pembicara pada acara webinar bertema “Merajut Masa Depan yang Berkualitas” yang digelar Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Pusat, Selasa (24/08/2021).

Dia menduga, peningkatan itu terjadi karena adanya pandemi yang diikuti kebijakan PPKM membuat sejumlah tempat makan tutup ataupun beroperasi, namun tidak optimal. Hal ini mendorong masyarakat untuk melakukan aktivitas memasak, baik untuk konsumsi sendiri maupun untuk dijual kembali baik secara online maupun offline.

Menurut Sabaruddin, banyak masyarakat memang yang sudah mulai menyadari keuntungan penggunaan gas pipa dibansing gas tabung (LPG). Beberapa keuntungan tersebut antara lain hemat dalam pengguaan tempat, fitur pengamanan yang lengkap sehingga membuat pengguna khususnya ibu rumah tangga merasa tenang.

Menggunakan gas pipa ini juga, lanjut dia, mempermudah pengaturan pengeluaran keuangan rumah tangga. “Tagihan pemakaian gas dilakukan akhir bulan, dan untuk pembayarannya bisa secara online maupun offline. Untuk online, ada 20 kanal pembayaran,” paparnya.

Perusahaan Gas Negara (PGN) juga, kata dia, menyiapkan tenaga ahli selama 24 jam di seluruh wilayah operasi PGN yang akan melayani keluhan pelanggan.

“Jadi, selain gas yang menyala non stop selama 24 jam, PGN juga menyiapkan tim yang akan siaga selama 24 jam,” jelasnya dalam webinar merayakan HUT IKWI ke-60 yang berlangsung secara Hybrid dari Gedung Dewan Pers Jakarta, dan virtual diikuti ratusan anggota IKWI dari seluruh Indonesia.

Saat ini, ungkap Sabaruddin, PGN memiliki 2 produk yakni Gas Pipa Praktis dan Gas Kita Pintar, yang merupakan pengembangan dari Gas Kita Praktis. Sejumlah pengembangan layanan yang diberikan PGN yakni free instalasi hingga 15 meter, free konversi peralatan kompor sebanyak 2 tungku, free pemerikaaan keamanan dan free asuransi kebakaran.

Diakui bahwa ketersediaan pipa gas ini masih sangat terbatas. Saat ini pipa gaa atau biasa disebut jaringan gas sebanyak 560.196 sambungan rumah tangga (SR) mulai sari Aceh sampai Sorong yang tersebar di 17 provinsi dan 63 kabupaten. “Target kami yaitu pada 2024 bisa tersambung sebanyak 4 juta SR,” ujarnya .

Saat ini PGN tengah mengembangkan pipa gas di Jakarta Timur dan Tangerang. PGN pun berharap adanya masukan dari pemerintah jika ada wilayah yang potensial untuk dikembangkan, melalui media sosial resmi maupun call center PGN. PGN juga memasok gas untuk kebutuhan gas pembangkit listrik berupa LNG.

HUT IKWI ke-60 Semarak

Perayaan HUT IKWI ke-60 berjalan cukup semarak. Tanpa mengurangi berbagai aturan yang ditetapkan pemerintah, diantaranya PPKM, Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia menggelar hajatan Milad IKWI ke-60, sekaligus memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia (HUT-RI) ke-76, tahun 2021.

Milad didukung oleh PT Pegadaian (Persero), PT Bank Danamon Syariah Unit Usaha Syariah (Danamon Syariah), dan Perusahaan Gas Negara, Tbk., JPNN.com, Ayo Media Network, dan PT TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE Express), menggelar webinar nasional bertema “Merajut Masa Depan yang Berkualitas.

Ketua Umum IKWI Indah Kirana dalam sambutannya mengatakan, kesederhanaan pelaksanaan perayaan secara virtual ini, kiranya tidak mengurangi makna dari peringatan hari ulang tahun, yaitu mensyukuri perjalanan IKWI selama ini hingga menjadi organisasi kemasyarakatan yang mandiri dan handal. Sekaligus melakukan perenungan dan refleksi atas capaian kita selama ini, sebagai bahan evaluasi dalam melanjutkan upaya kita menjadikan IKWI yang lebih baik.

Pada HUT kali ini, Pengurus Pusat IKWI menggelar IKWI Award. Tujuan pemberian penghargaan tersebut untuk menggairahkan Pengurus Provinsi agar aktif membina anggotanya, dan mengelola IKWI secara tertib administrasi di deaerah masing-masing, sehingga masih tetap eksis dan berkembang hingga saat ini.

“Untuk menambah wawasan anggota IKWI, kami menyelenggarakan kegiatan Webinar Nasional yang diikuti oleh seluruh pengurus dan anggota IKWI se-Nusantara,” ujar Indah.

Webinar tersebut mengetengahkan beberapa tema. Yaitu Manfaat Gas Bumi untuk Rumah Tangga, Lebih Mudah dan Murah, dengan nara sumber dari PT Perusahaan Gas Negara, Tbk. Tema Untung Rugi Menabung Emas Secara Syariah oleh nara sumber dari PT Pegadaian (Persero). Dan tema Halal Lifestle dengan nara sumber dari Bank Danamon Syariah.

Untuk mensosialisasikan organisasi, lanjut Indah, IKWI mengadakan lomba penulisan dengan topik Menabung Emas secara Syariah yang Alhamdulillah disponsori oleh PT Pegadaian (Persero). Lomba Penulisan tersebut diikuti oleh wartawan umum dan wartawati sebagai anggota IKWI.

Sementara itu Pembina IKWI yang juga Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Atal S. Depari mengatakan, hari ini, tanggal 24 Agustus 2021, IKWI merayakan ulang tahun yang ke-60. Acara ini tertunda sebulan, sebab ulang tahun IKWI sesungguhnya jatuh pada tanggal 19 Juli 2021. Untuk itu, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan HUT IKWI, yang dengan semangat kebersamaan dilaksanakan, meski hanya secara virtual

“Saya mengapresiasi berbagai aktivitas IKWI, baik untuk keluarga pers maupun masyarakat umum, terutama menghadapi pandemi Covid-19. IKWI telah memotivasi daerah untuk besama-sama mengadakan aksi sosial, saling peduli dan menolong,” ungkap Atal. (Rls/*)

DRadio 104,3 FM Jambi