Beranda Akses Peran TNI-Polri Jelang Persiapan Mudik Lebaran 2019

Peran TNI-Polri Jelang Persiapan Mudik Lebaran 2019

JAMBI, AksesNews – Tinggal beberapa pekan lagi umat muslim Indonesia akan menyambut hari kemenangan yaitu lebaran Idul Fitri. Biasanya, menjelang lebaran, tradisi yang selalu rutin di lakukan masyarakat iyalah mudik.

Dalam melaksanakan mudik, yang terpenting itu iyalah keselamatan dan ke aman. Disini peran pemerintah, TNI dan Polri sangat penting unuk masyarakat.

Dalam persiapan arus mudik tahun ini, masih banyak jalan yang masih rusak. Dikhawatirkan masyarakat apabila jalan banyak yang rusak akan mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Kapolda Jambi, Irjen.Pol.Muchlis AS mengatakan kalau infrastruktur itu tanggung jawabnya pemerintah daerah, bukan polisi. Polisi hanya memberikan saran dan masukan.

“Kita hanya mengkaji dan menganalisa apakah jalan itu dapat di gunakan atau tidak,” kata Muchlis, Jumat (24/05/2019).

Masukan Pihak Kepolisian kepada Pemerintah Daerah terkait jalan yang dilalui pemudik iyalah menyampaikan sektor jalan yang rawan terhadap lakalantas.

“Ini jalan sudah memberikan banyak korban, nanti analisanya dari polisi dan pelaksanaan infrastrukturnya dari pemerintah terutama Dinas Perhubungan,” kata Muchlis.

Sementara itu, untuk arus mudik jalur laut, Kapolda menyampaikan bahwa Direktur Polair sudah mengadakan rapat dengan ASDP dan Dinas Imigrasi. Pada rapat tersebut, Polda Jambi sudah menyampaikan tiga hal penting, yaitu terkait kapasitas penumpang kapal, kelayakan kapal dan kelayakan mesin.

“Kita sudah menyampaikan bahwa angkutan penumpang harus mematuhi ketentuan batas penumpang, jangan sampai ada kelebihan. Kemudian juga pemeriksaan layak kapal, kemudian kelayakan mesin, itu yg paling penting,” pungkasnya. (Alpin)

DRadio 104,3 FM Jambi