Beranda Akses Melihat Danau Mahligai, Salah Satu Kawasan Suaka Perikanan di Jambi

Melihat Danau Mahligai, Salah Satu Kawasan Suaka Perikanan di Jambi

Danau Mahligai/FOTO: Instagram Jambi Imaji
Danau Mahligai/FOTO: Instagram Jambi Imaji

JAMBI, AksesNews – Danau Mahligai merupakan salah satu danau yang terdapat di Desa Danau Lamo, Kabupaten Muaro Jambi, Provinsi Jambi. Danau Mahligai ini terletak di dekat pemukiman warga, Danau Mahligai memiliki warna air hijau tua bahkan terlihat lebih kehitam-hitaman.

“Danau Mahligai yang berada di tepi perkampungan Danau Lamo, Maro Sebo, Muarojambi ini merupakan satu dari dua Kawasan Suaka Perikanan di Provinsi Jambi. Kawasan ini dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2007 tentang Konservasi Sumber Daya Ikan,” tulis Instagram @jambiimaji, dikutip Kamis (25/04/2019).

Warga di sekitar danau Mahligai banyak memanfaatkan danau ini sebagai tempat mencari ikan dengan menggunakan perahu dan alat-alat tradisional. Dari hasil penelitian, di Danau Mahligai ditemukan 46 Species jenis ikan yang terdiri dari 5 Ordo, 3 Sub Ordo, 15 Famili dan 29 Genus.

Di dalamnya, diatur dua zona peruntukan, satu (1) zona inti, yakni untuk perlindungan mutlak habitat dan populasi ikan, penelitian, dan pendidikan, dan dua (2) zona pemanfaatan, yakni untuk perlindungan habitat dan populasi ikan, pariwisata, penelitian, dan pendidikan.

Dua zona tersebut dipisahkan dengan pembatas jembatan. Di sekitar lokasi masih merupakan daerah rawa dan hutan belukar. Dari daerah rawa ini terdapat parit kecil yang berhubungan dengan parit Amburanjalo yang letaknya sekitar 300 meter ke arah timur.

Selain itu, dikawasan tersebut juga terdapat kelompok candi yang terjauh dari Kompleks Candi Muara Jambi yakni kelompok Candi Koto Mahligai. Letaknya sekitar 900 meter ke arah barat laut dari kelompok Candi Kedaton.

Sama halnya dengan kelompok candi lain di Muara Jambi, kelompok Koto Mahligai dikelilingi tembok pagar keliling berukuran 97,5 x 120 meter. Pagar pembagi ruang terletak melingkupi Candi Induk yang menghadap ke bagian timur. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi