Beranda News Ratusan Rumah di Danau Kerici Terendam Banjir, Warga Harapkan Bantuan Pemerintah

Ratusan Rumah di Danau Kerici Terendam Banjir, Warga Harapkan Bantuan Pemerintah

KERINCI, AksesJambi.com – Tingginya intensitas curah hujan beberapa minggu terakhir ini, yang melanda Kabupaten Kerinci mengakibatkan beberapa desa di kabupaten tersebut mengalami bencana banjir. Salah satunya Kecamatan Danau Kerinci, sedikitnya banjir sudah merendem 3 (tiga) desa sejak Selasa malam (23/03/2021) hingga Rabu malam (24/3/2021).

Dari data yang berhasil dihimpun, banjir banjir menggenangi ratusan rumah di Desa Tanjung Tanah, Desa Dusun Baru, dan desa Simpang Empat, dengan ketinggian hingga lutut orang dewasa bahkan ada yang satu meter.

Berdasarkan pantauan di lokasi, belum ada tanda-tanda air akan surut. Tampak personil Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sedang berada di lokasi banjir, namun tidak terlihat adanya instansi terkait dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kerinci turun ke lokasi, terutama dari BPBD maupun dinas PUPR Kerinci.

Salah seorang warga korban banjir menjelaskan, volume air terus bertambah mengingat curah hujan yang masih tinggi.

“Setelah diguyur hujan deras sejak Selasa malam hingga dini hari, sungai semakin meluap hingga merendam ratusan rumah warga,” ungkap Amin, warga desa Tanjung Tanah.

Dijelaskan Amin, penyebab banjir dikarenakan sungai yang ada di Desa Tanjung Tanah tidak sanggup menahan debit air dari Desa Ambai dan Desa Cupak.

Dirinya berharap kepada Pemerintah Kabupaten kerinci agar segera memberi bantuan logistik dan sebagainya, serta meminta agar segera memperbaiki saluran sungai, yang selama ini menjadi penyebab terjadinya banjir.

“Kami berharap adanya bantuan dari pemkab Kerinci, baik itu logistik dan sebagainya, terutama memperbaiki saluran sungai,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dampak dari bencana banjir di tiga desa tersebut melumpuhkan perekonomian warga. Pasalnya pasar di Desa Tanjung Tanah juga terendam banjir.

Mirisnya, hingga berita ini diterbitkan, belum ada tanda-tanda kedatangan maupun perhatian dari Pemkab Kerinci ke lokasi banjir. (Jnf)

DRadio 104,3 FM Jambi