Beranda Akses Ratusan TKI asal Malaysia akan Masuk Tungkal, Kapolres: Masih Dikroscek

Ratusan TKI asal Malaysia akan Masuk Tungkal, Kapolres: Masih Dikroscek

TANJABBAR, AksesJambi.com – Dikabarkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Malaysia akan berlabuh di Pelabuhan Roro, Kuala Tungkal, Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) dengan menggunakan kapal KMP Satria Pratama.

Kapal tersebut informasinya akan bertolak dari Batam, Rabu (25/3/2020) pukul 15.15 WIB dan akan sampai di Roro, Kamis (26/3/2020) sekitar pukul 07.00 WIB.

Kapolres Tanjabbar, AKBP Guntur Saputro saat di konfirmasi membenarkan akan kedatangan Kapal dari Batam dengan mengangkut penumpang. Namun, dirinya juga belum mendapatkan konfirmasi apakah penumpang tersebut TKI atau bukan.

“Masih dikroscek apakah itu TKI atau penumpang biasa. Tapi untuk kedatangannya itu kita sudah siapkan langkah pencegahan dan penanganan serta siapkan protokol kesehatan,” tegas Guntur, Rabu (25/3/2020).

Informasi yang di peroleh terkait hal itu ada sekitar 122 orang yang diduga TKI, tiga kendaraan roda dua, enam mobil pickup dan tiga truk.

Sampai dengan saat ini belum terkonfirmasi 122 orang tersebut merupakan warga dari wilayah mana. Informasi yang berkembang bahwa 122 orang tersebut diduga adalah Tenaga Kerja Asing (TKI) dan dari informasi yang beredar ada yang mengatakan bahwa 122 orang yang datang besok adalah Taruna Pelayaran yang dipulangkan karena tidak jadi magang.

“53 orang penumpang taruna dan
69 orang penumpang lokal,” ujar narasumber yang enggan disebutkan namanya, Rabu (25/03/2020) malam.

Kepala KSKP Kualatungkal, Prayitno saat dikonfirmasi membenarkan jika akan datang 122 orang. Namun, dirinya tidak mengetahui apakah itu TKI atau bukan.

“Info resmi tki saya belum dapat,”kata Prayitno, Rabu (25/3/2020).

Menurutnya, pihaknya akan mempersiapkan semua petugas kesehatan pelabuhan dan tim satgas covid-19 di lokasi.

“Petugas di kuala tungkal besok akan lebih intensif terkait pengecekan dan sekaligus pendataan penumpang yang di khawatirkan ada TKI dari malaysia,”ujarnya.

Nantinya akan ada tim medis dari Dinas Kesehatan Tanjabbar yang juga akan di terjunkan untuk melakukan pengecekan.

“Betul dari KKP dan dinkes, setiap penumpang sebelum turun akan diarahkan sesuai prosedur dari pihak kapal maupun petugas kita, Petugas kita sebelum ke area pelabuhan akan diperiksa dari tim kesehatan,” tandasnya. (Team AJ)