Beranda Akses Pertamina EP Jambi Gelar Pelatihan Batik di Danau Sipin

Pertamina EP Jambi Gelar Pelatihan Batik di Danau Sipin

KOTAJAMBI, AksesNews – Pertamina EP Asset 1 Jambi Field menggelar pelatihan pembuatan batik khas Jambi kepada 25 orang warga yang tergabung dalam Kelompok Batik Sipin Jajaran di rumah batik yang berada di Kelurahan Legok, Kota Jambi, Senin (25/03/2019) pagi.

Pelatihan ini akan dilaksanakan selama lima hari mulai 25-29 Maret 2019. Ini merupakan lanjutan kegiatan sebelum yakni pelatihan batik tulis dan teknik pewarnaan dengan motif dan bahan baku khas Jambi sebagai bentuk tanggungjawab Pertamina EP Asset 1 Jambi Field terhadap kelompok Batik Jajaran Sipin yang telah dibina sejak April 2018.

Hadir dalam pembukaan pelatihan, Asset 1 Legal & Relation Manager, Rizal Rukhaidan beserta jajaran, Ketua Dekranasda Kota Jambi H Yuliana Fasha, BNN Provinsi dan Kota Jambi, Disnakerkop dan UMKM dan Disperindag Kota Jambi serta puluhan tokoh masyarakat setempat.

Asset 1 Legal & Relation Manager, Rizal Rukhaidan menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkot Jambi dan Dekranasda Kota Jambi dalam membangun sinergi membantu kemajuan pengrajin batik, khususnya Kelompok Batik Jajaran Sipin.

“Pelatihan batik cap diperlukan sebagai diversifikasi produk yang dihasilkan oleh kelompok pembatik yang ada di Danau Sipin, sehingga produk yang dihasilkan dapat beraneka ragam dan bersaing baik dari segi teknik pembuatan, motif, harga, dan warna,” kata Rizal Rukhaidan.

Ketua Dekranasda Kota Jambi, Hj Yuliana Fasha memuji kegiatan pemberdayaan kepada masyarakat Kota Jambi yang dilakukan Pertamina EP Jambi.

“Saya minta anggota kelompok dapat mengikuti pelatihan dengan baik, dan dapat langsung mengimplementasikan dalam pelestarian batik motif khas Jambi,” katanya.

Kepada pihak Pertamina EP Asset 1 Jambi Field, istri Walikota Jambi Syarif Fasha ini berharap dapat terus menjaga sinergi yang lebih baik lagi kedepan.

Pembukaan pelatihan dilakukan secara simbolis dengan pengecapan Batik Angso Duo Khas Jambi oleh Ketua Dekranasda Kota Jambi Hj Yuliana Fasha dan tamu undangan lainnya. Penutupan dijadwalkan akan digelar Festival Batik Bersinar yang merupakan akronim dari Barisan Anti Narkotika Bersih Narkoba. (Bahara Jati)

DRadio 104,3 FM Jambi