Beranda Akses KKG Profesional Hasilkan Guru yang Produktif

KKG Profesional Hasilkan Guru yang Produktif

JAMBI, AksesNews – Kelompok Kerja Guru (KKG) yang profesional mampu menghasilkan guru yang produktif, karena guru memegang kunci utama bagi peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) di masa depan.

Demikian dikatakan Medi Yusva, Provincial Coordinator Tanoto Foundation Provinsi Jambi pada workshop pengembangan kapasitas organisasi kelompok kerja guru (KKG) mitra program STEP.

“Salah satu ciri KKG yang profesional memiliki kemampuan mengorganisasikan lingkungan organisasi secara terbuka dan partisipatif,” kata Medi usai membuka acara pelatihan workshop pengurus KKG di Rumah Kito Resort, Senin (25/02/2019).

Hasilnya peningkatan profesionalisme guru semakin meningkat melalui kegiatan pelatihan, penelitian, penulisan karya ilmiah, dan kegiatan profesional lainnya yang berkelanjutan.

“Setelah minggu lalu kita latih kepala sekolah, Tanoto Foundation melatih pengurus KKG, tujuannya adalah pengurus KKG juga memiliki kesepahaman yang sama dengan kepala sekolah dalam membangun sistem organisasi dan pengelolaan yang efektif, efisien, dan berkelanjutan,” jelasnya.

Sementara itu, District Coordinator program STEP Tanoto Foundation, Adi Sinaga mengaku pengurus KKG perlu diberikan penyegaran tentang oraganisasi. KKG bukan hanya membahas kisi-kisi soal jelang semester saja.

“Jangan sampai KKG hanya bertemu cuma dua kali dalam setahun dan itupun cuma membahas soal menjelang ujian, tetapi harus lebih dari itu, harus menjadi tempat belajar dan berbagi bagi para guru serta pengembangan keprofesionalan berkelanjutan,” tukasnya.

Adi menambahkan, total peserta yang iku sebanyak 39 orang pengurus KKG. Ada 39 orang Pengurus KKG dari Tebo, Tanjab Barat dan Batang Hari yang ikut pelatihan kali ini, selain itu, pelatihan kali ini juga mengundang Kasi Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK).

Program Manager STEP Tanoto Foundation, Rahmat Hidayat Setiawan mengatakan Program STEP (School Transition and Empowerment Project) merupakan lanjutan program Pelita Pendidikan Tanoto Foundation di Provinsi Jambi yang sudah dimulai sejak tahun 2010.

“Program ini bertujuan untuk membangun kemandirian sekolah dalam peningkatan kualitas pendidikan yang berkelanjutan, terutama untuk mendukung kesiapan sekolah-sekolah yang telah mendapat intervensi Program Pelita Pendidikan (2010-2017) agar semakin mandiri,” pungkasnya. (Bahara Jati)