Beranda Akses Jelang Natal, Tim Jibom dan Anjing Pelacak Sterilisasi Gereja

Jelang Natal, Tim Jibom dan Anjing Pelacak Sterilisasi Gereja

JAMBI, AksesJambi.com – Menjelang perayaan hari natal, tim penjinak bom (Jibom) Brimob dan anjing pelacak (K-9) Polda Jambi diterjunkan menyisir sejumlah gereja di wilayah Jambi, Selasa (24/12/2019).

Hal ini dilakukan, untuk mengantisipasi ancaman bom saat perayaan Natal 2019. Petugas menggunakan metal detector, menyisir setiap sudut bangunan gereja, seperti bagian halaman dan di dalam ruang ibadah.

Kanit I Jibom Brimob Polda Jambi, Iptu Yhudhiarto mengatakan, tim jibom dan anjing pelacak akan melakukan sterilisasi. Ini dilakukan agar perayaan hari besar umat kristiani itu dapat berjalan aman.

“Kami sterilisasi 15 gereja yang menjadi pusat peribadatan umat kristiani di Kota Jambi,” kata Yhudhi.

Dari pantauan awak media di lapangan di Gereja HKBP Kota Baru, Kota Jambi para jemaat mulai berdatangan untuk merayakan natal di tempat tersebut. Tim pengamanan juga tampak ada di lokasi tersebut.Dalam kegiatan sterilisasi, petugas bersenjata lengkap juga ikut dilibatkan. Mereka membawa senjata berjaga-jaga saat melakukan sterilisasi di dalam gereja.

“Kita melakukan sterilisasi dengan menggunakan alat-alat yang kita miliki, dan melakukan pengecekan terkait dengan bahan kimia biologi dan radio aktif, agar semuanya steril,” tambahnya.

Selain itu, Yhudhi juga menegaskan dalam sterilisasi kali ini pihaknya tidak menemukan bom atau bahan kimia serta radio aktif. Dirinya berharap, perayaan natal tahun ini tidak ada hal-hal yang tidak diinginkan.

“Disini (gereja HKBP), kita lalukan pengecekan dan hasilnya aman, dan kita akan bergerak ke tempat lainnya,” jelasnya.

Selain tim Jibom, ada juga tim dari anjing pelacak (K-9) yang menyisir parkiran mobil. Satu persatu mobil dilakukan pengecekan. Tak hanya mobil, semua objek yang ada diluar juga dilakukan pengecekan termasuk kendaraan roda dua. (BJS)

DRadio 104,3 FM Jambi