Beranda Akses Warga Teluk Nilau Resah Macan Tutul Berkeliaran, BKSDA Turun ke Lokasi

Warga Teluk Nilau Resah Macan Tutul Berkeliaran, BKSDA Turun ke Lokasi

Ilustrasi penampakan macan tutul. Sumber foto: Wikimedia commons-Chandra Firmansyah
Ilustrasi penampakan macan tutul. Sumber foto: Wikimedia commons-Chandra Firmansyah

TANJABBAR, AksesJambi.com – Warga Kelurahan Teluk Nilau, Kecamatan Pengabuan, Kabupaten Tanjung Jabung (Tanjab) Barat, Jambi diresahkan dengan penampakan macan tutul yang masuk ke perkampungan masyarakat setempat, Selasa (24/11/2020).

Sejumlah warga cemas, pasalnya tak hanya satu ekor saja namun ada empat ekor macan tutul yang kerap muncul di areal perkebunan dan terkadang berkeliaran di belakang rumah-rumah warga setempat.

Salah satu warga setempat, Samsul Bahri mengatakan bahwa ada sebanyak 4 ekor macan tutul yang terlihat, 3 ekor bersembunyi di atas pohon kebun karet milik warga dan seekor lagi diduga induknya berada di bawah pohon.

“Kemunculan empat macan tutul itu sejak sebulan belakangan ini. Keempatnya sering muncul di lokasi tanaman karet milik warga dan ketika malam hari di belakang rumah warga yang sudah sangat meresahkan,” katanya.

Sementara itu, Kapolres Tanjab Barat AKBP Guntur Saputro memberikan himbauan kepada masyarakat yang berada di sekitar lokasi untuk waspada terhadap kehadiran 4 ekor macan tutul/macan dahan tersebut.

“Kepada masyarakat dan para orang tua di sekitar lokasi diimbau untuk menjaga anak-anak kecil ddan jangan dibiarkan main di luar sendiri,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi untuk mencari dan menyelesaikan persoalan ini agar masyarakat tak resah berlarut-larut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala BKSDA Jambi, Rahmad Saleh mengatakan bahwa pihaknya akan segera turun ke lapangan untuk menindak lanjuti penampakan empat ekor macan tutul di perkampungan warga Tanjab Barat, Jambi.

“Besok, Rabu (25/11/2020), tim turun ke lokasi untuk tindak lanjutnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, lokasi kemunculan macan tutul tersebut berada di Parit 2, RT. 23 Kelurahan Teluk Nilau, Kecamatan Pengabuan, Kabupaten Tanjab Barat, Provinsi Jambi, pada hari Selasa tanggal 24 November 2020, sekitar pukul 11.30 WIB. (Bjs/Dika)

DRadio 104,3 FM Jambi