Beranda Akses Debat Publik Pertama Pilkada Jambi: Kandidat Saling Adu Visi dan Misi

Debat Publik Pertama Pilkada Jambi: Kandidat Saling Adu Visi dan Misi

JAMBI, AksesNews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi menetapkan dua tema sebagai bahan pertanyaan dalam debat publik pertama calon Gubernur Jambi yang digelar, Sabtu (24/10/2020) malam, di Swiss-Belhotel Jambi.

Dua tema tersebut adalah, pertama menggali potensi daerah Jambi untuk mewujudkan kesejahteraan menuju masyarakat mandiri. Kedua, membangun partisipasi dan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat guna menyelesaikan persoalan daerah.

Debat Calon Gubernur Jambi dipimpin langsung Ketua KPU Provinsi Jambi, M. Subhan dan didampingi oleh Komisioner KPU Provinsi Jambi serta dihadiri oleh Bawaslu Provinsi Jambi, paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi dan tim kampanye. 

Selain itu, tampak hadir semua pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi nomor urut 1 Cek Endra-Ratu Munawaroh, nomor urut 2 Fachrori Umar-Syafril dan nomor urut 3 Al Haris-Abdullah Sani. Sedangkan Forkopimda dan tim pakar mengikuti secara virtual atau daring.

Full Tayangan Debat Publik Pertama Calon Gubernur Jambi 2020

Dalam sambutannya, Ketua KPU Provinsi Jambi, M. Subhan menegaskan bahwa debat kandidat ini bukan untuk mencari kesalahan. Tapi sebagai medium untuk melihat dan mengkaji kapasitas kandidat.

Demi kenyamanan, ketertiban, serta kelancaran debat, KPU Jambi memberlakukan pembatasan bagi massa pendukung masing-masing paslon yang akan hadir di Swiss-Belhotel Jambi dan menerapkan protokol kesehatan.

“Untuk mencegah penularan COVID-19, kita membatasi jumlah pengunjung di venue debat publik, dengan menerapkan protokol kesehatan. Yang boleh di dalam hanya paslon, timnya 4 orang, dari KPU Provinsi Jambi dan Bawaslu 2 orang,” kata Subhan.

Dalam debat pertama ini, dipandu oleh M. Farisi, Ketua Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (Kopipede) Provinsi Jambi yang membuka acara, dan memanggil ketiga kandidat yakni Cek Endra, Fachrori Umar dan Al Haris.

Pada segmen pertama, pemaparan visi dan misi terkait dengan tema debat oleh calon Gubernur nomor urut 1, kemudian calon gubernur nomor urut 2 dan calon gubernur nomor urut 3. Mereka secara berurutan memaparkan visi-misinya dengan waktu yang sudah ditetapkan.

Berikut visi-misi ketiga kandidat, paslon nomor urut 1 dengan program Jambi Cerah yang bukan hanya singkatan dari Cek Endra-Ratu Munawaroh, melainkan mengenai kondisi hati dan perekonomian masyarakat Jambi akan Cerah hingga tahun 2024.

Untuk paslon nomor urut 2, Fachrori Umar-Syafril Nursal dengan visi-misinya Jambi Berkah yang mengandung arti Bangun Ekonomi Rakyat Kreatif dan Amanah. Paslon nomor urut 3 Al Haris-Abdullah Sani dengan visi-misi Jambi Mantap yang kepanjangan dari Jambi Maju, Aman, Nyaman, Tertib, Amanah dan Profesional.

Selanjutnya, pendalaman visi dan misi dengan tema yang sudah ditentukan. Kemudian, dalam beberapa segmen  moderator mempersilahkan Calon Gubernur saling bertanya dan menyanggah tema dalam pendalaman visi-misi masing-masing.

Dalam segmen terakhir, setiap kandidat Calon Gubernur Jambi memberikan pernyataan penutup dan pada pukul 22.28-22.30 WIB, moderator menutup acara debat. Hingga diakhir acara, pada Pukul 22.30-22.34 WIB, debat ditutup dengan menyanyikan lagu Bagimu Negeri. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi