Beranda Akses Wamen Ketenagakerjaan RI Bangun Generasi Muda Kembangkan Diri Agar Kreatif & Inovatif

Wamen Ketenagakerjaan RI Bangun Generasi Muda Kembangkan Diri Agar Kreatif & Inovatif

Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI Afriansyah Noor memberikan materi di seminar nasional merah putih di Kenara Cafe, Rabu (24/08/2022). Foto. Wjs
Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI Afriansyah Noor memberikan materi di seminar nasional merah putih di Kenara Cafe, Rabu (24/08/2022). Foto. Wjs

JAMBI, AksesNews – Wakil Menteri (Wamen) Ketenagakerjaan RI, Afriansyah Noor memberikan materi di Seminar Nasional Merah Putih dengan tema “Entrepreneur Generasi Milenial Indonesia yang Kreatif, Inovatif dan Mandiri” yang berlangsung di Kenara Cafe, Kota Jambi, Rabu (24/08/2022) sore.

Sekilas, Afriansyah menjelaskan bahwa dirinya merupakan Putra Jambi kelahiran TAC, sempat bersekolah di TK Adhyaksa, SD di Arizona, pindah ke Sumatera Selatan (Sumsel), lalu kembali lagi SMAN 4 Jambi.

“Jadi saya alumni SMAN 4 Jambi, ada yang alumni SMAN 4 gak disini, coba catat namanya,” tuturnya disambut tawa para peserta seminar.

Selanjutnya, Afriansyah juga menyampaikan bahwa ia baru 2 bulan 9 hari menjabat sebagai Wamen Ketenagakerjaan sebagaimana diamanahkan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

“Semoga ini bisa membangun Indonesia, khususnya membantu pembangunan di Provinsi Jambi. Mudah-mudahan hari ini bisa diambil hasil yang baik, terutama di Kemenaker itu ada 9 program, pertama soal BLK, kita punya hampir di 21 di Provinsi,” ungkapnya.

Afriansyah tak menapik dan tetap mengkritisi bahwa pemerintah daerah maupun pusat terhadap BLK masih kurang.

“Saya juga mengkritisi, melihat keperdulian pemerintahan daerah maupun pusat terhadap BLK sangat kurang. Saya harap tahun 2023 mendatang dapat akan menganggarkan lebih,” tuturnya.

Lebih lanjut, Afriansyah juga memotivasi para Milenial dan para generasi muda mempunyai skill dan kemampuan yang luar biasa, seperti misalnya dari lulusan SMK ada otomotif, perhotelan dan lain sebagainya untuk bisa difokuskan ke luar negeri.

“Jadi fokus yang mempunyai skill, karena seperti negara Jepang, China, Taiwan, Malaysia itu membutuhkan tenaga kerja yang trampil dan mempunyai skill. Ini harapan kita dari 9 program di Kemenaker dapat bermanfaat salah satunya talenta muda agar supaya anak-anak punya kreatifitas misalnya kemampuan IT,” jelasnya.

Acara ini juga dihadiri ratusan milenial terdiri dari Organisasi Kepemudaan (OKP) juga para mahasiswa yang tergabung dalam Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Provinsi Jambi.

Turut hadir dalam seminar ini yaitu, Wamen Ketenagakerjaan RI Afriansyah Noor sebagai narasumber, Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani, Direktur PTPN VI juga Ratu Munawaroh turut hadir sebagai tokoh masyarakat. (Wjs)