Beranda Akses KPU Ajak Media Bersinergi Sosialisasikan Tahapan Pilkada Jambi 2020

KPU Ajak Media Bersinergi Sosialisasikan Tahapan Pilkada Jambi 2020

Pilkada Serentak 2020 di tengah Covid-19, KPU Provinsi Jambi gandeng Media. Foto: Bahara Jati/AksesJambi.com
Pilkada Serentak 2020 di tengah Covid-19, KPU Provinsi Jambi gandeng Media. Foto: Bahara Jati/AksesJambi.com

JAMBI, AksesNews – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pencalonan Pemilihan Serentak Tahun 2020 bersama Rekan-rekan Jurnalis Jambi, di Aula Kantor KPU Provinsi Jambi, Senin (24/08/2020) sore.

Rapat tersebut dibuka langsung oleh Ketua KPU Provinsi Jambi, Subhan yang didampingi Komisioner dan Sekretariat KPU Provinsi Jambi serta dihadiri oleh puluhan media yang terdiri dari Media Cetak, Elektronik dan Media Siber/Online.

Komisioner KPU Provinsi Jambi Divisi Teknis Penyelenggara, M. Sanusi secara langsung memberikan materi terkait dengan mekanisme dan persiapan KPU Provinsi Jambi dalam pelaksanaan tahapan pendaftaran pencalonan Pilkada Serentak 2020.

“KPU Provinsi Jambi membangun sinergitas bersama seluruh pihak terkait, salah satunya teman-teman media yang merupakan salah satu pilar Demokrasi,” kata M. Sanusi, Senin (24/08/2020).

Tentunya dengan rapat koordinasi ini, kata M. Sanusi, dapat menunjang publikasi Pilkada Serentak yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020 nanti, sehingga dapat mensosialisasikan semua tahapan kepada masyarakat.

KPU Provinsi Jambi akan melaksanakan tahapan pencalonan mulai dari pengumuman pencalonan yang dimulai tanggal 28 Agustus-3 September 2020, kemudian Pendaftaran Calon tanggal 4-6 September 2020 dengan protokol kesehatan yang ketat.

KPU Jambi Mulai Buka Pendaftaran Calon 4 September, Berikut Tahapannya

Sementara itu, berdasarkan hasil koordinasi dengan Pengurus IDI Wilayah Jambi dan Direktur RSUD Raden Mattaher Jambi, bakal pasangan calon akan terlebih dahulu dilaksanakan pemeriksaan kesehatan dengan dibantu pihak terkait lainnya.

“KPU Provinsi Jambi akan melaksanakan pemeriksaan kesehatan bakal calon Kepala Daerah yang dilaksanakan di RSUD Raden Mattaher Jambi, dengan mengutamakan protokol kesehatan yaitu melakukan Uji swab terhadap bakal pasangan calon,” jelasnya.

Selain itu, yang menjadi penting yakni terkait pemeriksaan oleh BNN Jambi, pemeriksaan kejiwaan dan uji laboratorium lainnya, tentunya peran serta media sangat dibutuhkan dalam publikasi, terutama di tengah ancaman pandemi Covid-19.

KPU Provinsi Jambi berharap dengan rapat koordinasi ini, publikasi di media massa tidak membuat masyarakat panik, serta bersinergi bersama melawan pemberitaan hoaks dan ujaran kebencian, sehingga tercipta Pilkada yang Bersih dan Damai. (Bjs)

DRadio 104,3 FM Jambi