Beranda Advertorial Hapernas 2018, Fachrori: Setiap Orang Berhak Bertempat Tinggal

Hapernas 2018, Fachrori: Setiap Orang Berhak Bertempat Tinggal

JAMBI, AksesJambi.com – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Jambi, Fachrori Umar resmi membuka Expo Rencana Program Bidang Perumahan dalam Rangka Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2018 dan peningkatan kinerja sektor perumahan rakyat, di Jamtos, Kota Jambi, Jumat (24/08/2018).

Pada kesempatan tersebut, Fachrori dalam sambutannya mengatakan, setiap orang berhak bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik sesuai dengan konstitusi. Oleh karena itu, rumah merupakan elemen penting dalam agenda pembangunan.

“Provinsi Jambi cukup banyak mendapatkan bantuan yang bersumber dari APBN Kementrian PUPR. Namun hingga saat ini, masih terdapat beberapa kendala diantara kurangnya merata alokasi anggaran Pusat untuk Kabupaten/Kota di Provinsi Jambi,” kata Fachrori.

Menurutnya, kurang optimalnya penyerapan tersebut menjadi perhatian bagi Pemerintah dan harus mencari solusi agar lebih maksimal dalam penyerapannya di Kabupaten/Kota Se-Provinsi Jambi. Tahun 2018, anggaran yang diterima dari APBN melalui SNVT penyediaan perumahan Provinsi Jambi.

“Diantaranya Rusun karyawan RSUD Hanafie Kabupaten Muaro Bungo, Rusun Mahasiswa di Kabupaten Sarolangun, Rusun PonPes di Kabupaten Tanjab Barat, Rusun ASN di Kabupaten Tanjab Timur, dan Rusun Rumah Sakit Sultan Thaha Saifuddin di Kabupaten Tebo,” kata Fachrori.

Selain Rusun, lanjut Fachrori, ada juga bantuan rumah khusus yang diberikan untuk Suku Anak Dalam (SAD) di Kabupaten Merangin dan Sarolangun, dan rumah khusus Nelayan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan mendapat kegiatan untuk Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

“Untuk merealisasi hal ini tidak bisa bekerja sendiri, sehingga perlu kerjasama dengan semua pihak, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, dan Pemkab/Pemkot maupun dengan pihak swasta melalui CSR-nya,” pungkasnya. (Syahrul)

DRadio 104,3 FM Jambi