Sani: Hiasi Diri dengan Amal Kebaikan hingga Jadi Teladan Masyarakat

JAMBI, AksesNews – Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, Abdullah Sani mengharapkan kepada jemaah haji yang berangkat menjadi haji yang mabrur, memiliki komitmen menjaga keharmonisan hidup di tengah masyarakat dan menjadi teladan dalam kehidupan sehari-hari di keluarga, dan mempertahankan integritas moral yang telah diperoleh selama haji dan diamalkan sepanjang hayat.

Harapan demikian disampaikan Sani saat penyambutan kepulangan Jemaah Haji asal Provinsi Jambi kloter BTH 23 yang berasal dari Kabupaten Batanghari, Kabupaten Muaro Jambi dan Kota Sungai Penuh, setelah lebih dari 40 hari berada di tanah suci, Arab Saudi untuk menunaikan rukun Islam kelima. Penyambutan dilakukan di Asrama Haji Jambi, Senin (24/07/2023).

“Atas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi saya mengucapkan terima kasih dan selamat kepada Kanwil Agama Provinsi Jambi berserta jajarannya dan petugas haji lainya, dimana mulai pemberangkatan jemaah haji, sampai pemulangan jemaah haji hari ini kloter 23 insya Allah belum ada kesalahan yang fatal, Allah berikan kemudahan bagi kita semua, dimulai dari niat yang baik, dan menghasilkan manfaat yang baik pula,” ucap Sani.

Selain itu, Sani juga mengungkapkan rasa syukur dan terimakasih kepada seluruh petugas kloter yang telah memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah, semoga segala amal jariahnya dinilai ibadah disisi Allah dan mendoakan semoga jemaah serta petugas memperoleh haji yang mabrur.

“Kepada seluruh petugas pendamping haji kloter yang telah memberikan pelayanan terbaik bagi jemaah, baik perawat pendamping, TNI/Polri dan Satpol PP, pihak bandara dan semua pihak terkait. Semoga segala amal jariahnya dinilai ibadah disisi Allah dan saya mendoakan semoga jemaah serta petugas memperoleh haji yang mabrur,” ungkap Sani.

Dikatakan Sani, dalam perjalanan mulai dari rumah sampai ke Jambi ini dan akan menuju tanah suci, memang banyak cobaan dan rintangan, apa lagi sudah berumur lanjut, karena berangkat ini memerlukan tenaga dan kesehatan yang prima.

“Kita perlu bersyukur karena semua sudah kita lewati, kini sudah kembali lagi ke Jambi, sebentar lagi akan kita lepas kembali kedaerah dan kabupaten masing-masing. Di kloter 23 ini ada yang meninggal di tanah suci dan ada yang tinggal di Batam yang harus perlu dirawat karena sakit,” kata Sani.

“Bagi jemaah yang wafat, kita sampaikan duka cita, innalillahiwainnailaihirojiun, kita semua ikut berbela sungkawa mudah-mudahan semua dipanggil dalam keadaan khusnul khotimah dan semua dimasukkan ke dalam surganya Allah. Dan bagi yang sakit semoga segera diberikan kesembuhan oleh Allah subhanahu wa ta’ala,” lanjut Sani.

Pada kesempatan ini Wagub Sani mengajak seluruh jemaah haji kloter 23 untuk bersama-sama mendoakan para pemimpin, Bapak Gubernur, Bupati/Walikota semoga diberikan kemudahan dalam melaksanakan tugas, diberi petunjuk dan hidayahnya agar bangsa ini maju dan berkembang dan selalu bisa menjaga persatuan dan kesatuan serta bisa menjadi negara yang baldatun thoyyibatun wa robbun ghofur.

“Mudah-mudahan Provinsi Jambi serta kabupaten/kota ini Allah selalu anugerahkan keberkahan, ketenangan, persatuan dan kesatuan serta Indonesia menjadi negara yang baldatun toyyibatun warobbun Ghofur,” ucap Sani.

Diakhir sambutannya, Sani juga menyampaikan bahwa cobaan selama memasuki waktu haji juga cukup berat, paling tidak calon haji harus mampu menjaga lisannya dari kata-kata yang tidak senonoh dan dari perbuatan tidak terpuji ditengah lingkungan sosial yang mudah tersinggung.

“Semua itu jelas mengharuskan kesiapan mental yang luar biasa, segala persiapan dan kesiapan itu tidak ada artinya jika ibadah hajinya tidak mabrur,” tutup Wagub Sani.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Antara Provinsi Jambi, H. Zoztafia dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan kembali ketanah air.

“Kita bersama Wagub menyambut kedatangan jemaah haji kloter 23, berangkat jumlah 374 kembali 370, 2 orang meninggal di tanah suci, salah satu istri jemaah harus dirawat di Batam, jadi suaminya menemani dengan didampingi dan pengawasan tenaga medis tim dari panitia haji. Semua jemaah haji yang pulang hari ini dalam kondisi sehat semua,” ujar Zoztafia.

“Jemaah haji asal Provinsi Jambi yang sudah kembali ke tanah air berjumlah 2600 jemaah dari 3113 jemaah, yang belum pulang masih ditanah suci. Insya Allah malam besok kloter 24 akan datang. Selain itu kita masih ada kloter tambahan yang akan masuk tanggal 3 Agustus 2023 berjumlah 163 orang. Semua pemberangkatan dan pemulangan berjalan dengan baik, untuk itu saya ucapkan terima kasih kepada seluruh panitia haji,” tambahnya.

(Sapra Wintani/Foto : Novriansyah/Video : Said Usman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here